Lifestyle
Rabu, 31 Mei 2017 - 07:00 WIB

Usia yang Hampir Seabad Tak Halangi Nenek Ini Melek Internet

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Cicit Le Thi kerap menjadi penolong saat sang buyut menemukan masalah di Internet. (Channel News Asia)

Kisah inspiratif kali ini tentang nenek-nenek berusia 97 tahun, Le Thi, yang melek internet.

Solopos.com, HANOI – Usia memang seharusnya tidak menghalangi manusia untuk belajar. Hal itu dipraktikkan oleh nenek-nenek berusia 97 asal Hanoi, Vietnam, Le Thi. Perempuan yang hampir kehilangan seluruh giginya dan berjalan bungkuk itu  kini melek internet dan lancar mengoperasikan laptop.

Advertisement

Dilansir Channel News Asia, Sabtu (27/5/2017), Le Thi memiliki rasa penasaran yang seolah-olah tak terbendung. Ia suka menulis, melukis, dan belajar.  Meski sekarang Le Thi tak bisa bergerak seleluasa dulu, hasil belajarnya bertahun-tahun, membuatnya seorang nenek yang lancar menggunakan Facebook, Skype, dan Google.

Di tempat tidur, kini Le Thi ditemani laptopnya. Ia rutin menggunakan Facebook, memperbarui status, berbicara dengan cucu dan cicitnya melalui Skype, dan berselancar di mesin pencari Google.

“Jika ada 10 hal yang tidak saya pahami, saya ingin belajar sampai saya paham. Waktu kecil saya tak bisa membaca,” ucap Le Thi seperti dikutip Channel News Asia.

Advertisement

Awal mula perkenalan Le Thi dengan komputer terjadi pada 2007. Waktu itu ia rutin menulis di kertas, namun kondisi tubuhnya membuat ia tak lagi lancar menulis di kertas. Akhirnya dia belaajr menggunakan komputer. “Tanganku bergetar dan mataku menjadi semakin kabur, jadi saya berlajar mengoperasikan komputer,” terang Le Thi.

Niat dan usaha Le Thi untuk belajar komputer membuat cucunya tersentuh dan membelikannya laptop dan mengajarinya mengetik. Pada 2010 Le Thi berhasil menerbitkan buku autobiografi setebal 600 halaman.

Cerita inspiratif mengenai Le Thi viral di Vietnam, warganet memberinya beberapa julukan, yaitu Lady Teen dan Forever Young. “Meski usiaku hampir 100 tahun, jiwaku masih 20 tahun,” ucap Le Thi bekelakar.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif