Jateng
Rabu, 31 Mei 2017 - 13:50 WIB

PEMADAMAN LISTRIK : PLTU Cilacap Rusak Tiba-Tiba, Layanan Listrik di Cilacap dan Pantura Lumpuh

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panorama PLTU Cilacap. (Cilacapkab.go.id)

Pemadaman listrik terjadi di wilayah Cilacap, Banyumas, dan sebagian lain jalur pantura Jawa akibat gangguan yang mendadak terjadi di PLTU Cilacap Unit 1 dan 2.

Semarangpos.com, SEMARANG – Hampir seluruh wilayah di Cilacap, Banyumas, dan sebagian lain pesisir pantai utara (Pantura) Pulau Jawa mengalami pemadaman listrik sejak Rabu (31/5/2017) pagi. Kondisi itu terjadi karena imbas dari gangguan teknis yang mendadak terjadi di PLTU Cilacap Unit 1 dan 2.

Advertisement

Informasi yang diterima Semarangpos.com, Rabu siang, gangguan itu menyebabkan suplai listrik di beberapa daerah di Jawa Tengah (Jateng) terganggu. Sebanyak 10 gardu induk dengan beban total 500 mW tidak bisa mendistribusikan listrik ke pelanggan hingga menyebabkan pemutusan pelayanan listrik dari PLN.

Hingga saat ini belum diketahui apa penyebab kerusakan atau gangguan yang menyebabkan aliran listrik dari PLTU Cilacap itu tersendat-sendat. Petugas PLN yang diterjunkan melakukan perbaikan, saat ini, tengah mencari penyebab kerusakan itu.

“Penormalan tahap pertama sebesar 142 mW telah selesai dilakukan. Harapan kami penormalan seluruh sistem dapat dilakukan secepatnya,” ujar Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PT PLN Distribusi Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Hardian Sakti Laksana, dalam keterangan resmi yang diterima Semarangpos.com, Rabu.

Advertisement

Sakti menambahkan saat ini sistem kelistrikan PLN di Jawa dan Bali sudah terinterkoneksi sehingga diharapkan pernormalan pasokan listrik bisa dilakukan lebih cepat.

Atas gangguan itu, PLN Distribusi Jateng dan DIY pun meminta maaf. Terlebih lagi sebelumnya, PLN Distribusi Jateng dan DIY telah menjamin ketersedian pasokan listrik selama bulan Ramadan 2017. Bahkan demi menjaga kelancaran ibadah puasa Ramadan 2017 masyarakat, PLN siap mengatasi gangguan listrik tersebut tanpa melakukan pemadaman dengan menerjunkan tim elite.

KLIK DI SINI untuk Jelang Bulan Puasa, PLN Siagakan Tim Elite
KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif