Suasana di Jalan Semarang. (IstimewaKompasiana) Suasana di Jalan Semarang. (IstimewaKompasiana)
Rabu, 31 Mei 2017 11:31 WIB Jafar Sodiq Assegaf/JIBI/Solopos Travel Share :

Berkunjung ke Medan? Yuk, Singgahi Lima Tempat Wisata Kuliner Ini

Berkunjung ke Medan? Yuk, Singgahi Lima Tempat Wisata Kuliner Ini

Mencicipi kuliner adalah agenda wajib ketika menyambangi Kota Medan. Kuliner dengan rasa dan bentuk yang beragam, mudah ditemukan di sepanjang jalan. Penjaja makanan di sana memiliki resep masakan tak biasa. Itulah sebabnya, tidak sulit mendapatkan makanan lezat meskipun di warung kaki lima. Masih belum percaya? Kunjungi lima tempat kuliner ini.

  • Jalan Semarang
Suasana di Jalan Semarang. (IstimewaKompasiana)

Suasana di Jalan Semarang. (IstimewaKompasiana)

Kalau berkunjung ke Medan, sempatkan singgah ke Jalan Semarang di malam hari. Selain asyik buat tempat nongkrong, di sana juga tersedia beragam kuliner. Mulai dari makanan berat hingga jajanan tradisional. Martabak “tipker” adalah salah satu jajanan favorit para pengunjung Jalan Semarang. Harga martabak ini sekitar Rp2.000 sampai Rp5.000, tergantung ukurannya.

  • Merdeka Walk

Merdeka Walk merupakan kawasan wisata kuliner yang menawarkan berbagai jenis makanan lokal dan internasional. Luas Merdeka Walk sekitar 6600 m2 dengan kapasitas kurang lebih 700 orang. Uniknya, di tempat ini terdapat pohon-pohon berumur tua yang ditanam sejak zaman penjajahan Belanda.

Saat malam hari, suasana di Merdeka Walk makin ramai. Puluhan tenda berderet di sepanjang kawasan dan menjajakan makanannya. Beberapa jenis kuliner yang dihidangkan, antara lain sate Padang, sop buntut, soto Medan, nasi goreng, bakmi, dan masih banyak lagi. Tidak ketinggalan, pancake durian dan steak ikut menyempurnakan ragam kuliner di Merdeka Walk.

  • Kedai Durian Ucok

Anda penggemar durian? Berarti mesti menyambangi kedai durian Ucok di Jalan Iskandar Muda. Tempat ini menjadi salah satu ikon kuliner di Medan. Setiap hari, banyak orang yang membeli durian di sini. Pembeli bebas memilih durian yang disukai.

Harga duriannya pun relatif murah, mulai dari Rp30.000 per buah. Ada juga paket durian yang dibanderol dengan harga Rp100.000 sampai Rp400.000. Paket ini sudah dikemas secara apik sehingga bisa dijadikan buah tangan.

  • Kesawan Square

Tidak jauh beda dengan Merdeka Walk, kawasan Kesawan Square juga menghadirkan puluhan tenda yang menjual beragam kuliner. Berlokasi di kota lama, Kesawan Square ini memiliki panorama eksotis saat malam hari. Pasalnya, di sekitar Kesawan Square terdapat gedung-gedung kuno yang masih dipertahankan arsitektur aslinya.

Bagi Anda yang beragama Islam, tidak perlu khawatir salah mengonsumsi makanan karena sudah ada pembedanya. Anda bisa memilih atribut berwarna biru jika mencari kuliner halal. Sementara itu, warna merah menandakan makanan yang tidak boleh dikonsumsi umat Islam.

  • Kedai Kopi Apek

Suka ngopi? Mampirlah sejenak ke kedai kopi Apek di Jalan Hindu. Kedai ini didirikan sejak tahun 1922 dengan arsitektur bangunan kuno yang masih dilestarikan sampai sekarang. Luas ruangan dalam sekitar 50 m2 yang terdiri dari dapur dan area pengunjung.

Hidangan khas kedai kopi Apek, yaitu kopi Sidikalang. Biasanya, sajian kopi ini ditemani sepotong roti bakar yang dibaluri srikaya dan telur setengah matang. Anda bisa mengunjungi kedai kopi Apek pada pukul 06.00 hingga 14.00 waktu setempat.

Yakin, sudah puas menyusuri wisata kuliner Medan dalam sehari? Kalau belum puas, Anda bisa bermalam di jantung kota Medan. Tak perlu memikirkan bujet, pasalnya banyak hotel murah di Medan yang harganya di bawah 300 ribuan. Untuk memudahkan Anda dalam mencari hotel yang sesuai, Airy Rooms menghadirkan aplikasi pemesanan penginapan melalui website, Android App, atau iOS App.

Airy Rooms. (Istimewa)

Airy Rooms. (Istimewa)

Soal fasilitas, tentu saja dijamin berkualitas dan lengkap, seperti kamar ber-AC, TV layar datar, kamar mandi komplet dengan perlengkapannya, dan juga akses WiFi secara gratis. Jika sudah menentukan pilihan kamar Airy Rooms, segera transfer pembayarannya via ATM atau menggunakan kartu kredit. Praktis, kan?

Lowongan Pekerjaan
CV. TUNAS MERAPI SEJAHTERA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Seni Rupa Solo dan Melindurisme

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (5/8/2017). Esai ini karya Halim H.D., seorang networker kebudayaan yang tinggal di Solo. Alamat e-mail penulis adalah halimhade@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Cara paling gampang untuk mengingat, apalagi dalam bentang sejarah, lihat saja jejak yang besar….