Ilustrasi gorengan dan makanan cepat saji (Boldsky.com) Ilustrasi gorengan dan makanan cepat saji (Boldsky.com)
Selasa, 30 Mei 2017 13:30 WIB Chelin Indra Sushmita/JIBI/Solopos.com Kesehatan Share :

TIPS PUASA
Bikin Haus, Hindari 5 Makanan Ini Saat Sahur

Tips hidup sehat kali ini tentang lima makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur.

Solopos.com, SOLO – Bulan Ramadan telah tiba. Di bulan ini, semua umat muslim diwajibkan berpuasa selama satu bulan. Agar kuat menjalankan puasa, maka seseorang diwajibkan untuk makan sahur. Namun, biasanya beberapa orang akan merasa malas untuk makan sahur. Sebab, di waktu tersebut biasanya banyak orang yang masih terlelap.

Guna mengatasi rasa malas, mereka biasanya akan meyiapkan makanan favorit pada malam hari untuk disantap saat sahur. Tak hanya itu, banyak juga dari mereka yang mengonsumsi makanan cepat saji. Padahal, tidak semua makanan baik dikonsumsi saat sahur. Alih-alih mengenyangkan, bisa jadi makanan tersebut malah membuat Anda haus dan sakit perut.

Anda tentu tidak mau merasa lemas dan saki saat berpuasa bukan? Oleh sebab itu, mulai sekarang perhatikanlah asupan makanan yang dikonsumsi saat sahur. Penasaran apa saja makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Senin (29/5/2017), berikut ini:

Makanan manis

Makanan manis cenderung tinggi kalori namun rendah nutrisi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis justru akan membuat tenggorokan terasa kering. Selain merasa haus, mengonsumsi gula secara berlebihan juga akan membuat perut terasa kembung.

Sebaiknya, batasi asupan gula saat makan sahur. Konsumsilah maksimal satu gelas minuman manis saat sahur. Pastikan makanan yang Anda konsumsi tidak mengandung banyak gula agar tubuh tetap bugar sepanjang hari.

Minuman berkafein

Minuman tinggi kafein akan membuat tubuh kekurangan cairan. Kondisi tersebut akan membuat tubuh terasa lesu. Selama berpuasa, sebaiknya jangan meminum minuman berkafein seperti teh, kopi, dan soda saat sahur. Anda juga tak perlu meminum minuman isotonik yang diklaim mampu menghidrasi tubuh. Padahal, minuman tersebut tidak terlalu berpengaruh bagi tubuh. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda menambah porsi air putih agar tubuh tak kekurangan cairan dan tetap bugar saat berpuasa.

Gorengan

Selain meningkatkan kolesterol dan membuat lemak tubuh bertambah, mengonsumsi banyak gorengan juga akan membuah perut kembung. Sebab, seseorang tentu tak akan merasa puas hanya dengan memakan satu buah gorengan. Ia biasanya akan mencomot beberapa gorengan sebagai lauk.

Padahal, kandungan minyak pada gorengan itu akan menumpuk menjadi lemak dan membuat Anda merasa haus di siang hari. Alih-alih kenyang dan sehat, berat badan dan kadar kolesterol Anda justru akan bertambah.

Makanan cepat saji

Meski enak, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan cepat saji. Makanan cepat saji tidak memiliki cukup nutrisi yang diperlukan tubuh. Anda hanya akan merasa kenyang sesaat dengan mengonsumsi makanan tersebut saat sahur.

Makanan pedas dan asin

Bagi penyuka makanan pedas dan asin, sebaiknya kurangi konsumsi makanan tersebut saat sahur. Mengonsumsi makanan asin dan pedas dalam jumlah banyak saat sahur meningkatkan natrium dalam tubuh. Jumlah natrium yang terlalu tinggi akan membuat Anda merasa sangat haus. Sementara makanan pedas bisa saja mengganggu pencernaan.

Itulah beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi nasi atau roti gandum utuh dalam takaran yang pas sebagai sumber karbohidrat. Sementara asupan protein bisa didapatkan dengan mengolah daging ayam, sapi, atau ikan tanpa lemak. Jika ingin menggoreng, pastikan minyak yang dipakai adalah minyak yang baru.

Selanjutnya, cukupi kebutuhan serat dan vitamin dengan mengonsumsi sayur dan buah. Bila perlu, konsumsi makanan tersebut dalam porsi yang lebih banyak. Serat yang terkandung dalam sayur dan buah akan membuat perut tetap kenyang. Selamat berpuasa.  

lowongan kerja
lowongan kerja ACCOUNTING HEAD, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Banner Toko

Kolom

GAGASAN
Kasus Klaten Mengingat Pejabat Pengingkar Amanat

Gagasan Solopos ini telah terbit di HU Solopos Edisi Rabu (4/1/2017). Buah gagasan Muhammad Milkhan, pengurus cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Klaten yang beralamat email di milkopolo@rocketmail.com. Solopos.com, SOLO — Predikat laknat memang pantas disematkan kepada para pejabat yang mengingkari amanat. Para pejabat…