News
Selasa, 30 Mei 2017 - 07:10 WIB

Penukaran Uang Dibuka Hari Ini, BI Solo Siapkan Rp4 Triliun

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penukaran uang baru (Burhan Aris Nugraha/Solopos/Dok.)

Penukaran uang baru untuk Lebaran akan dibuka mulai Selasa ini di 85 bank di Soloraya.

Solopos.com, SOLO — Layanan penukaran uang pecahan kecil untuk Lebaran mulai dilayani Selasa (30/5/2017) di kantor perbankan dan kas keliling.

Advertisement

Penukaran uang dilayani 85 bank, tidak hanya di Solo tapi juga di kabupaten lain di Soloraya. BI Solo menyiapkan Rp4 triliun uang baru untuk penukaran uang tersebut.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Bandoe Widiarto, menyampaikan penyediaan uang tunai senilai Rp4 triliun itu naik Rp200 miliar dibanding tahun lalu yakni Rp3,8 triliun. Kenaikan ini karena kebutuhan masyarakat diprediksi meningkat.

Advertisement

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo, Bandoe Widiarto, menyampaikan penyediaan uang tunai senilai Rp4 triliun itu naik Rp200 miliar dibanding tahun lalu yakni Rp3,8 triliun. Kenaikan ini karena kebutuhan masyarakat diprediksi meningkat.

Jaringan layanan penukaran uang pecahan kecil juga diperluas. Tahun ini penukaran uang untuk masyarakat hanya dilayani di perbankan sedangkan BI khusus melayani penukaran dari instansi atau kolektif.

“Mulai besok [Selasa, 30/5/2017] penukaran uang pecahan kecil mulai dilayani hingga 22 Juni. Jaringan layanan ditambah dan diperluas. Tahun lalu layanan penukaran oleh masih terkonsentrasi di Solo, mulai tahun ini beberapa kantor bank di daerah, seperti Wonogiri, Boyolali, Klaten, dan Sragen juga akan ada layanan penukaran uang pecahan kecil,” ungkap Bandoe kepada wartawan di kantornya, Senin (29/5/2017).

Advertisement

Dia menerangkan perluasan jaringan ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan antrean, memudahkan masyarakat, dan diharapkan dapat meningkatkan inklusi keuangan dengan mengenalkan perbankan kepada masyarakat. Selain itu, BI juga akan mengoptimalkan kas keliling pada 29 Mei hingga 16 Juni dengan menyasar pusat keramaian, seperti pasar tradisional, terminal, stasiun, dan kantor pemerintah kabupaten/kota.

Setiap hari minimal akan ada dua lokasi yang dikunjungi kas keliling. Tak hanya itu, pada 12 Juni dan 14 Juni akan ada layanan penukaran bersama di The Park Mall sedangkan di Benteng Vasteburg akan dilakukan pada 19-22 Juni.

Dengan dibukanya banyak channel layanan penukaran, masyarakat diharapkan tidak lagi memanfaatkan jasa calo atau menukar uang di pinggir jalan sehingga mengurangi risiko peredaran uang palsu. Bandoe menjelaskan tidak ada batasan jumlah penukar tapi disesuaikan berdasarkan jam layanan.

Advertisement

Namun, seleksi menggunakan kartu identitas tetap dilakukan untuk menghindari oknum yang ingin memanfaatkan penukaran uang untuk ditukarkan lagi ke masyarakat di pinggir jalan. “Penukaran ditentukan Rp4,4 juta per orang, jadi satu orang bisa tukar satu bendel Rp20.000, satu bendel Rp10.000, dua bendel Rp5.000, dan dua bendel Rp2.000,” ujarnya.

Dia menjelaskan ada 85 kantor bank yang akan melayani penukaran uang. Pemimpin Cabang BRI Sudirman, A. Andy Sulistyo, mengatakan akan ada outlet khusus untuk layanan penukaran uang. Selain itu, dipasang juga tenda dan disediakan kursi untuk kenyamanan masyarakat.

Manager Area Bank Mandiri Area Surakarta, Linda Permatasari, menyampaikan layanan tidak hanya di cabang Gladag dan Sriwedari tapi juga ditambah di Purwotomo, Klaten, Sragen, Wonogiri, dan Boyolali. Pemimpin Cabang Bank Jateng Koordinator Surakarta, Irianto Harto Saputro, menyampaikan seperti tahun lalu, seluruh Bank Jateng di kabupaten melayani penukaran dengan layanan penukaran dilakukan teller. Sedangkan di kantor cabang Solo akan ada lokasi khusus pelayanan penukaran.

Advertisement

“Layanan penukaran uang untuk masyarakat ini bukan kali pertama. Pelayanan kurang lebih sama seperti tahun lalu, akan ada loket khusus dan juga disediakan kursi untuk masyarakat yang mengantre,” kata Pemimpin Cabang BCA Slamet Riyadi, Hartana.

Branch Manager BTN Solo, Dwihatmo Arisusmasto, mengatakan masyarakat tidak harus berkumpul di bank tertentu. Penukaran bisa dilakukan ke bank yang berlokasi dekat dengan rumah mengingat layanan ini tidak hanya untuk nasabah tapi masyarakat umum.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif