Jogja
Selasa, 30 Mei 2017 - 07:22 WIB

PENUKARAN UANG : 24 Pasar Akan Dijangkau Kas Keliling

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Masyarakat yang menunggu giliran untuk menukarkan uang dengan uang Rupiah TE 2016 di KPw BI DIY, Jogja, Selasa (20/12/2016). (Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah)

Penukaran uang untuk DIY akan dilayani BI dan enam bak umum

Harianjogja.com, JOGJA — Melayani kebutuhan uang baru untuk Lebaran, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) DIY akan melayani penukaran uang di 24 pasar di DIY. Pelayanan penukaran uang baru, baik emisi lama dan baru akan difasilitasi layanan kas keliling.

Advertisement

Baca Juga : PENUKARAN UANG : BI Gandeng 6 Bank Umum dengan Kas Kelilin

Kasir Senior Operasional Kas KPw BI DIY, Suhendar mengatakan uang emisi baru yang tersedia di BI masih ada sekitar Rp1,1 triliun. Sehingga, untuk penukaran uang pecahan besar akan dikolaborasikan dengan uang emisi lama.

Terkait kas keliling untuk memenuhi kebutuhan uang baru masyarakat selama Ramadan dan Lebaran, kata Suhendar, akan dilayani setiap hari Senin dan Kamis. Bank Indonesia menggandeng enam bank umum yang memiliki kendaraan kas keliling untuk mengedarkan uang baru yang dibutuhkan masyarakat di seluruh wilayah DIY.

Advertisement

Setiap bank akan disediakan uang baru dengan berbagai pecahan senilai Rp380 juta. Suhendar menambahkan jumlah tersebut diestimasikan dapat melayani kebutuhan uang baru untuk 200 nasabah.

“Ada 24 pasar di DIY yang akan dijangkau kas keliling ini. Kami ingin masyarakat yang selama ini tidak dapat menjangkau bank untuk menukar uang, dapat mengaksesnya dengan mudah melalui layanan ini. Misal [hari] Senin, Bank BPD di Pasar Wates, nanti di hari yang sama BI juga melayani di pasar lain di Jogja,” papar Suhendar, Senin (29/5/2017).

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif