Soloraya
Selasa, 30 Mei 2017 - 14:00 WIB

INFRASTRUKTUR SOLO : 2 Jembatan Penyeberangan akan Lengkapi Flyover Manahan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Flyover Manahan. (JIBI/Solopos)

Flyover Manahan akan dilengkapi jembatan penyeberangan.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo merencanakan pembangunan dua jembatan penyeberangan orang (JPO) dan pesepeda di sayap kanan dan kiri flyover (jalan layang) Manahan.

Advertisement

Kepala Seksi (Kasi) Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU dan PR) Solo, Joko Supriyanto, mengatakan pembangunan dua JPO akan dikerjakan setelah flyover Manahan rampung dibangun. Pemkot berencana mengajukan anggaran pembangunan JPO pada APBD 2018 mendatang.

“Kebutuhan satu JPO diperkirakan butuh Rp1,5 miliar untuk satu JPO-nya,” terang Joko ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Selasa (30/5/2017). JPO dibangun untuk mengakomodasi pesepeda dan pejalan kaki setelah persimpangan sebidang hilang karena flyover.

Joko menjelaskan pembangunan JPO merupakan masukan dari Dinas Perhubungan (Dishub) untuk mengakomodasi para pejalan kaki dan pesepeda di kawasan tersebut.

Advertisement

“Lebar JPO nanti dibuat maksimal 1,8 meter. Jalur JPO ini akan terkoneksi dengan jalur lambat,” katanya. Namun demikian, rencana pembangunan JPO harus mendapatkan izin dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) karena melintasi rel kereta api.

Kasi Rekayasa Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, membenarkan jika Dishub mengusulkan rencana pembangunan JPO ke DPU dan PR Kota Solo. Pembangunan JPO tersebut dinilai penting untuk mengakomodasi para pejalan kaki dan pesepeda. Pertimbangan lainnya adalah di sana merupakan kawasan pendidikan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif