News
Senin, 29 Mei 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 29 Mei

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Manchester United bersama sang manajer memamerkan trofi Piala Champions UEFA yang mereka menangi pada 1968. (Mirror.co.uk)

Catatan peristiwa penting di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 29 Mei tersaji dalam tulisan berikut ini.

Solopos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah di berbaagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 29 Mei. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut ini Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 29 Mei:

Advertisement

363
Pasukan Kekaisaran Romawi pimpinan Kaisar Julian berhasil mengalahkan tentara Kekaisaran Sasaniyah dalam Pertempuran Ctesiphon. Meski berhasil menang dalam pertempuran yang terjadi di ibu kota Kekaisaran Sasaniyah itu, Julian justru tak ingin merebut wilayah tersebut.

1453
Pasukan Kesultanan Ottoman di bawah Sultan Mehmed II Fatih berhasil merebut Kota Konstantinopel dari cengkeraman Kekaisaran Bizantium. Sebelumnya, pasukan Kesultanan Ottoman telah mengepung Konstantinopel selama 53 hari.

Advertisement

1453
Pasukan Kesultanan Ottoman di bawah Sultan Mehmed II Fatih berhasil merebut Kota Konstantinopel dari cengkeraman Kekaisaran Bizantium. Sebelumnya, pasukan Kesultanan Ottoman telah mengepung Konstantinopel selama 53 hari.

1798
Kelompok pemberontak di Irlandia dibantai tentara Inggris. Sekitar 300 hingga 500 orang yang melakukan aksi pemberontakan itu kehilangan nyawa mereka.

1807
Mustafa IV resmi dinobatkan menjadi Sultan Ottoman. Ia memimpin Kesultanan Ottoman hingga 1808. Mustafa IV meraih takhta sebagai Kaisar Ottoman setelah menggulingkan kekuasaan sultan sebelumya, yakni Selim III.

Advertisement

1917
John Fitzgerald Kennedy lahir di Brookline, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Kennedy lantas dikenal luas sebagai presiden ke-35 AS yang menjabat dari 1961 hingga akhir hayatnya pada 1963.

1964
Negara-negara yang tergabung dalam Liga Arab melakukan pertemuan di Yerusalem untuk membentuk Palestine Liberation Organization (PLO) atau Organisasi Pembebasan Palestina. Organiasasi tersebut dibentuk demi memperjuangkan Palestina untuk mendapatkan pengakuan dari dunia internasional.

1968
Manchester United berhasil menjadi klub sepak bola pertama asal Inggris yang menjadi juara di kompetisi Eropa. Manchester United keluar sebagai juara setelah mengalahkan klub asal Portugal, Benfica, dengan skor 4-1 dalam laga partai final Piala Champions UEFA yang sekarang berganti nama menjadi Liga Champions UEFA.

Advertisement

Foto dokumentasi Tragedi Heysel pada 1985. (Meridianbet.com)

1985
Sebanyak 39 orang meninggal dunia dan sekitar 600 lainnya mengalami luka-luka saat menonton pertandingan final Piala Champions UEFA—sekarang Liga Champions UEFA—antara Liverpool dan Juventus. Hal itu disebabkan dinding Stadion Heysel di Brussels, Belgia sebagai tempat digelarnya pertandingan tersebut roboh dan menimpa para penonton. Peristiwa itu kini dikenang dengan sebutan Tragedi Heysel.

2004
Monumen Perang Dunia II didirikan di National Mall, Washington D.C, Amerika Serikat (AS). Monumen tersebut dibangun untuk mengenang jasa-jasa para tentara AS yang berjuang dalam Perang Dunia II.

Advertisement

2013
Setelah undang-undang yang melindungi lesbian, gay, biseks, dan transgender (LGBT) di Prancis disahkan, pernikahan gay secara terbuka untuk kali pertama berlangsung di negara tersebut. Pernikahan yang digelar di Kota Montpellier itu mendapatkan protes dari sebagian kalangan. Upacara pernikahan sesama jenis itu dijaga ketat pihak kepolisian setelah ada aksi unjuk rasa menolak upacara pernikahan gay itu. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 28 Mei
KLIK DI SINI
untuk Catatan Peristiwa Dunia, 27 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 26 Mei

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif