Jateng
Minggu, 28 Mei 2017 - 23:50 WIB

LEBARAN 2017 : Angkutan Umum Masih Diminati Pemudik?

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemudik menggunakan moda angkutan umum bus (JIBI/Solopos/Dok.)

Lebaran 2017 diprediksi Dishub Kudus masih kental diwarnai pemudik pengguna angkutan umum.

Semarangpos.com, KUDUS — Mudik kini semakin gampang seiring semakin mudahnya warga memiliki kendaraan pribadi. Maka pemudik pengguna angkutan umum bakal menyusut drastis pada musim mudik Lebaran 2017?

Advertisement

Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Kudus Putut Sri Kuncoro membathanya. Menurut Putut Sri Kuncoro, kemudahan masyarakat memiliki kendaraan pribadi itu tak bakal sepenuhnya menekan jumlah pemudik pengguna angkutan umum pada musim pulang kampung Lebaran 2017.

“Menggunakan angkutan umum tentu lebih nyaman dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi karena harus selalu berkonsentrasi di sepanjang perjalanan. Selain itu, jaminan keselamatan angkutan umum tentunya lebih diperhatikan karena semua armada Lebaran tentunya telah lolos uji kelayakan,” ujarnya di Kudus, Rabu (24/5/2017).

Banyaknya kendaraan pribadi, lanjut dia, tentunya mendorong penyedia jasa angkutan penumpang untuk meningkatkan kualitas pelayanannya guna semakin ditingkatkan guna menarik minat pemudik. Pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, kata dia, juga sering kali dihadapkan pada permasalahan kemacetan, sehingga dibutuhkan kebugaran fisik selama berkendara yang biasanya menempuh jarak cukup jauh.

Advertisement

“Jika tidak mempersiapkan fisik dengan baik, dikhawatirkan rawan mengalami kecelakaan,” ujarnya.

Berdasarkan data penumpang yang mudik ke Kudus, lanjut dia, pada tahun 2016 memang mengalami peningkatan menjadi 117.754 penumpang, dibandingkan jumlah pemudik yang menggunakan angkutan umum pada tahun sebelumnya tercatat hanya 111.532 penumpang. Ia memprediksi, jumlah penumpang yang mudik pada tahun 2017 akan mengalami kenaikan sekitar 9%, karena bertepadan dengan liburan sekolah.

Kenaikan jumlah penumpang, katanya, diprediksi terjadi pula pada arus balik meningkat sekitar 5%. Sementara itu, jumlah angkutan penumpang yang keluar masuk Terminal Induk Jati Kudus pada saat musim mudik Lebaran 2017, katanya, diprediksi mengalami kenaikan 3% dari tahun sebelumnya tercatat sebanyak 4.165 kendaraan.

Advertisement

Dalam rangka memastikan kelayakan angkutan Lebaran 2017, katanya, petugas uji kelayakan akan melakukan inspeksi di terminal. “Kami juga akan melakukan pemantauan dan pemeriksaan kesiapan armada angkutan Lebaran 2017 pada masing-masing perusahaan otobus,” ujarnya.

Upaya lainnya, yakni dengan melakukan pendekatan dan pembinaan kepada masyarakat pemilik angkutan nonumum dan jasa pengusaha angkutan umum untuk mempersiapkan kendaraannya secara maksimal. Angkutan umum yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan kelaikan jalan, katanya, dilarang melanjutkan perjalanan. “Jika merasa dirugikan, jangan lupa mencatat nama dan nomor bus yang dinaikinya,” tuturnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif