Sport
Minggu, 28 Mei 2017 - 21:17 WIB

FORMULA ONE 2017 : Duel Sengit dengan Raikkonen, Vettel Juara GP Monaco

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sebastian Vettel di GP Monaco 2017. (JIBI/Reuters/Max Rossi)

Formula One 2017 memainkan balapan di Monaco.

Solopos.com, MONTE CARLO – Pembalap Tim Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel, keluar sebagai juara Formula One (F1) musim 2017 pada seri Monaco. Keberhasilan tersebut ia raih usai memenangi duel sengit dengan rekan setimnya, Kimi Raikkonen, dalam balapan yang digelar di Circuit de Monaco, Minggu (28/5/2017) malam WIB.

Advertisement

Dikutip dari Okezone, Vettel memang tampil prima sejak awal race. Meski sempat mendapatkan perlawanan dari Raikkonen, pembalap asal Jerman tersebut tetap mampu memimpin balapan hingga bendera finis berkibar.

Raikkonen dan Vettel sendiri menguasai dua posisi terdepan sejak lap pertama GP Monaco 2017. Tepat berada di belakang mereka terdapat pembalap Tim Mercedes, yaitu Valtteri Bottas. Sementara untuk urutan posisi keempat dan kelima masih diisi oleh duet pembalap Tim Red Bull, yaitu Max Verstappen dan Daniel Ricciardo.

Ketika balapan berusia 20 lap, belum ada perubahan yang signifikan di tiga posisi terdepan. Di mana Raikkonen masih memimpin balapan, diikuti Vettel dan Verstappen yang berada di posisi kedua dan ketiga. Sementara pembalap Tim Renault, Nico Hulkenberg, harus menyelesaikan balapan lebih awal lantaran mengalami kerusakan mesin mobilnya.

Advertisement

Pada lap ke- 32, Vettel hampir saja merebut posisi terdepan dari Raikkonen. Memanfaatkan kecerobohan Raikkonen yang melebar di tikungan, Vettel langsung menusuk dari sisi kanan. Namun sayang Raikkonen dengan cekatan langsung menutup ruang, yang membuat Vettel harus mengurangi kecepatannya.

Vettel akhirnya mampu memimpin balapan ketika balapan memasuki lap ke- 42. Memanfaatkan Raikkonen yang memutuskan untuk masuk pit stop. Raikkonen sebenarnya bisa mengambil alih balapan lagi, namun upaya menyalip Vettel di tikungan ketujuh masih gagal membuahkan hasil.

Tak hanya di dua posisi terdepan, persaingan sengit juga terjadi dalam perburuan posisi ketiga. Di mana Ricciardo beberapa kali mendapatkan perlawanan yang sengit dari Bottas. Bahkan, Ricciardo sempat disalip Bottas, namun mampu langsung mengambil alih lagi posisi ketiga pada balapan ini.

Advertisement

Pada lap 52, sebuah insiden melibatkan dua pembalap yang berada di urutan paling bawah, yakni Jenson Button dan Pascal Wehrlein. Button yang kehilangan kendali pada mobilnya, menabrak bagian belakang mobil Wehrlein. Situasi itu pun membuat Werhlein harus menyelesaikan balapan lebih awal.

Hanya berjarak delapan lap dari insiden Wehrlein, terdapat satu lagi pembalap yang harus menyelesaikan balapan lebih awal. Adalah pembalap Tim Sauber, Marcus Ericsson, yang mengalami gangguan pada mesinnya, dan tak bisa melanjutkan balapan. Memasuki 10 lap terakhir, jalannya balapan lebih meningkat dibandingkan sebelumnya.

Sejumlah pembalap juga harus berguguran lantaran mengalami masalah mesin macam Joylon Palmer, Stoffel Vandoorne, dan Button. Vettel akhirnya keluar sebagai juara seri Monaco edisi F1 2017. Ia mampu meredam segala perlawanan yang diberikan oleh Raikkonen dan Ricciardo untuk bisa mengklaim pembalap paling awal menyentuh garis finis.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif