News
Minggu, 28 Mei 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 28 Mei

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mobil VW Tipe 83 yang diproduksi pada 1944. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 28 Mei, dihimpun dari berbagai penjuru dunia.

Solopos.com, SOLO – Beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 28 Mei. Demi mengenang beragam peristiwa itu, berikut Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 28 Mei, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Advertisement

1918
Armenia dan Azerbaijan menjadi negara pertama yang mendeklarasikan kemerdekaan mereka dari Kekaisaran Rusia. Dua negara tersebut lantas menjadi negara republik.

Pesawat tempur yang terlibat dalam Perang Sipil Spanyol. (Fivebooks.com)

Advertisement

Pesawat tempur yang terlibat dalam Perang Sipil Spanyol. (Fivebooks.com)

1937
Pertempuran udara terbesar selama Perang Saudara Spanyol terjadi di Kota Valencia dan Kota Santander. Baik pasukan Loyalis maupun pasukan Nasionalis saling serang menggunakan pesawat tempur dengan total 70 pesawat. Peristiwa itu diklaim memakan korban paling banyak dibandingkan pertempuran lainnya dalam Perang Saudara Spanyol.

1937
Perusahaan produsen mobil Volks Wagen (VW) didirikan di Berlin Jerman. Volks Wagen adalah bahasa Jerman yang memiliki arti Kendaraan Rakyat.

Advertisement

Pasukan Belgia digiring pasukan Jerman setelah menyerah dalam Pertempuran Belgia. (Wikimedia.org)

1940
Pertempuran Belgia berakhir setelah pasukan Belgia menyerah kepada pasukan Jerman. Sebelumnya, pasukan Belgia telah mencoba bertahan dari serangan Jerman selama 18 hari. Kemenangan Jerman tersebut sekaligus membuat wilayah Belgia menjadi milik Jerman.

1942
Tentara Jerman membunuh lebih dari 1.800 warga sipil di Cekoslowakia. Peristiwa itu dianggap sebagai pembalasan atas upaya warga yang mencoba membunuh petinggi militer Jerman, Reinhard Heydrich.

Advertisement

1982
Dalam Perang Kepulauan Falkland, pasukan Inggris berhasil merebut kembali Pelabuhan Darwin setelah sebelumnya berhasil diduduki pasukan Argentina. Sekitar 1.500 tentara Argentina lantas menjadi tahanan pihak Inggris.

1991
Kelompok Front Demokrasi Rakyat Etiopia berhasil menduduki ibu kota Etopia, Addis Ababa, demi menggulingkan pemerintahan yang berkuasa. Peristiwa itu akhirnya berhasil mengakhiri pemerintah komunis yang menguasai Etiopia selama 17 tahun.

1998
Pakistan menguji coba senjata nuklirnya di wilayah perbatasan dengan India. Uji coba itu dilakukan Pakistan sebagai pembalasan terhadap India yang sebelumnya juga melakukan uji coba senjata nuklir di perbatasan.

Advertisement

2008
Sistem monarki di Nepal dihapus. Negara tersebut lantas berubah menjadi negara republik. Penghapusan sistem monarki itu diresmikan setelah dilakukan pemungutan suara oleh rakyat Nepal. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 27 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 26 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 25 Mei

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif