News
Sabtu, 27 Mei 2017 - 00:30 WIB

VIDEO UNIK : Pria Ini Rutin Panen Sayur Raksasa

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Phillip (paling kanan) dibantu saudaranya untuk mengangkat mentimun. (Istimewa/Wales/Online)

Video unik kali ini tentang pria asal Wales, Phillip Vowles yang dikenal sebagai ahli dalam menumbuhkan sayur raksasa.

Solopos.com, LLANHARY – Berkebun menjadi pekerjaan yang sangat serius bagi pria berusia 69 tahun, Phillip Vowles. Pria asal Llanhary, Wales itu memiliki cara khusus dalam berkebun yang menyebabkan hasil kebunnya memiliki ukuran berlipat-lipat dari tumbuhan biasa.

Advertisement

Kemampuan berkebun Phillip membuatnya menjadi perhatian banyak pihak. Akun Youtube tentang kisah-kisah unik dan inspiratif, Great Big Story, mengulas kemampuan berkebun Philip. Memiliki 13 saudara dalam satu keluarga, Phillip sudah akrab dengan masakan porsi besar. Ia mulai berkebun lebih dari 30 tahun yang lalu, sejak pertama kali berkebun, Philip sudah meniatkan hasil kebunnya harus lebih besar dari kebun-kebun lain.

“Saya pernah memecahkan rekor dunia dengan mentimun terberat di dunia 20 tahun lalu, namun rekor itu telah dipecahkan orang lain,” ungkap Phillip seperti dikutip Wales Online. Saat itu mentimun yang ditanam Phillip tumbuh seberat 8,3 kg. Semenjak saat itu fokusnya untuk menumbuhkan sayur raksasa semakin intens. Ia menjadikan mentimun sebagai sayur favoritnya.

Dalam video yang diunggah Great Big Story, Phillip tampak mengukur mentium sepanjang 114 cm. “Mentium raksasa ini memiliki rasa yang sama persi dengan versi ukuran normal. Beberapa terlihat seperti sayur yang mengeras, namun saat kamu potong, mentimun ini normal,” terang Phillip.

Advertisement

Selain mentimun, Phillip juga menumbuhkan labu raksasa dan kubis raksasa. Kubis yang ditanam Phillip bisa tumbuh hingga separuh tinggi kursi dan seberat 45 kg. Untuk mentimun, sekarang Phillip bisa nenumbuhkan menitmun dengan berat setara orang dewaa. Untuk melakukan hal itu Phillip melakukan berbagai penelitian dan percobaan. Ia secara personal memilih benih-benih yang akan ditanam.

Tanaman seperti kubis dan mentimun tumbuh selama empat hingga enam pekan hingga bisa dipanen.  Dengan berat yang bisa dihasilkan, pertumbuhan harian tanaman Phillip sangat signifikan. Tetangga Phillip yang berusia 98 tahun pernah mengaku melihat sayuran Phillip tumbuh besar.

“Perlu empat hingga enam pekan untuk memanen mentimun, jadi bayangkan berapa banyak perbedaan besar mentimun ini setiap harinya. Salah satu tetanggaku yang sudah renta dan pekerjaannya hanya duduk di depan rumah mengaku melihat sayuran itu membesar,” ungkap Phillip bercerita.

Advertisement

Sejak beberapa tahun lalu, Phillip rutin menyuplai sayuran untuk restoran-restoran di dekat rumahnya. Dengan ukuran sayur yang dia hasilkan, Phillip tidak kesulitan untuk memenuhi pesanan.

 

Advertisement
Kata Kunci : Kisah Unik Video Unik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif