Ilustrasi kartu kredit (JIBI/Solopos/Dok.) Ilustrasi (JIBI/Solopos/Dok.)
Sabtu, 27 Mei 2017 12:43 WIB JIBI/SOLOPOS/cermati.com Fokus Share :

Keuntungan dan Kerugian bila Anda Memliki Kartu Kredit Lebih dari Satu

Keuntungan dan Kerugian bila Anda Memliki Kartu Kredit Lebih dari Satu

Kartu kredit merupakan salah satu metode pembayaran transaksi berbelanja yang semakin hari semakin banyak diminati masyarakat. Dengan membawa kartu kredit, kita tidak lagi dituntut untuk selalu membawa banyak uang tunai kemanapun kita pergi.

Selain terbebas dari risiko kehilangan  karena tidak banyak membawa uang tunai, banyak pula alasan lain kartu kredit semakin popular. Banyaknya alasan tersebut lantas kerap menimbulkan pertanyaan. Pertanyaan paling sering tentu tentang bagaimana jika kita memiliki banyak kartu kredit. Apakah hal tersebut akan membawa keuntungan bagi kita, atau malah akan merugikan kita.

Sebenarnya kartu kredit yang dipakai dengan bijak tentu saja akan membawa banyak keuntungan. Akan tetapi, jika pemegang kartu kredit kurang bisa mengontrol pemakaiannya maka bisa pula kerugian didapat.Sebagai contoh, Bila Anda senang bepergian dan  menginginkan kartu kredit dengan fitur yang berlimpah Anda bisa mengajukan kartu kredit benefit travel terbaik di cermati.com secara online untuk mengimbangi pemakaian Anda agar tidak berlebihan sesuai dengan fitur yang ditawarkan.

Keuntungan

Beberapa keuntungan dari memiliki kartu kredit lebih dari satu antara lain :

  1. Membantu membangun riwayat kredit

Kepemilikn kartu kredit bagi pemilik muda yang baru lulus dan hendak mencari kerja adalah salah satu langkah untuk membangun riwayat kredit. Pentingnya riwayat kredit adalah untuk memberikan kemudahan jika dikemudian hari kita hendak mengajukan pinjaman kredit ke bank.

Ketika kita mengajukan permohonan kredit ke pihak bank, pihak bank akan melakukan pengecekan riwayat kredit kita sebelum meloloskan permohonan kita. Jika riwayat kredit kita dinilai baik maka tentu saja pihak bank akan meloloskan permohonan kredit kita sesegera mungkin.

  1. Mendapatkan berbagai penawaran diskon dan reward

Pihak penyedia kartu kredit kerap memberikan reward dan berbagai penawaran seperti diskon dari setiap transaksi yang dilakukan menggunakan kartu kredit. Jika kita memiliki lebih dari satu kartu kredit, tentu saja akan semakin banyak pula penawaran diskon dan reward yang dapat kita manfaatkan.

Reward dari transaksi kartu kredit biasanya dapat kita tukarkan untuk barang atau jasa seperti perawatan salon kecantikan/spa/fitness. Beberapa kartu kredit reward yang populer dari bank-bank ternama misalnya produk kartu kredit Citi Rewards Card dari Citibank atau kartu kredit Standard Chartered Visa black Platinum dari Standard Chartered.

  1. Membantu ketika keadaan darurat

Kadang kala ada saja keadaan dimana kita sangat membutuhkan uang untuk melakukan pembayaran dengan segera. Contohnya mungkin pembayaran biaya perawatan rumah sakit. Mempunyai kartu kredit lebih dari satu tentu dapat memberikan kita rasa tenang tanpa kawatir sama sekali jika ada keadaan darurat datang menghampiri.

Kerugian

Sedangkan kerugian yang dapat menimpa kita jika kita memiliki lebih dari satu kartu kredit antara lain :

  1. kesusahan mengatur keuangan kredit

Semakin banyak kartu kredit yang kita miliki berarti semakin banyak pula pengaturan kredit yang mesti kita lakukan. Kita harus senantiasa mengingat-ingat kapan jatuh tempo pembayaran masing-masing kartu kredit.

Jika datang keadaan dimana kita melewatkan pembayaran tagihan kartu kredit melebihi tempo waktu pembayaran, maka kita harus bersiap pula dengan bunga dan denda yang akan membebani tagihan kartu kredit kita. Hal ini kerap kali membuat hutang kartu kredit semakin menggunung dan susah dilakukan pelunasan.

  1. Memberi kesempatan kita untuk boros

Kemudahan yang ditawarkan kartu kredit untuk dijadikan media pembayaran, lalu nanti kita melakukan pembayaran tagihan dikemudian hari sering kali menyebabkan orang untuk bertindak boros dan senantiasa melakukan transaksi belanja yang tidak ada habisnya.

Jika kita memiliki lebih dari satu kartu kredit, tentu kita akan merasa lebih bebas lagi dalam melakukan transaksi belanja yang tak berkesudahan.

  1. Dapat menyebabkan masalah jika tidak membaca syarat dan ketentuan

Setiap pengajuan permohonan kartu kredit disetujui oleh pihak bank, pasti kita akan diberikan syarat dan ketentuan untuk dibaca, dipahami dan ditanda tangani guna menunjukkan persetujuan kita pada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Syarat dan ketentuan yang melekat pada kartu kredit dapat bersifat secara umum ataupun spesifik sesuai dengan jenis kartu kredit. Memiliki kartu kredit yang lebih dari satu tentu saja dapat menyebabkan kebingungan jika kita salah informasi karena mungkin melewatkan beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku.

 

Yang mesti Anda cermati dalam penggunaan kartu kredit adalah senantiasa memonitor semua transaksi yang dilakukan menggunakan kartu kredit. Jika Anda merasa ada transaksi yang terasa aneh, maka Anda harus segera melaporkan ke pihak bank.

Selalu cermati pula tagihan kartu kredit yang datang setiap bulannya. Jika ada pula kesalahan dalam tagihan kartu kredit, maka anda juga wajib segera melapor ke pihak bank. Pastikan pula semua transaksi yang ada pada laporan adalah transaksi yang telah di validasi kepada Anda saat melakukan transaksi uantuk dilanjutkan pembayaran.

Terakir, bayar tagihan kartu kredit Anda secara tertib untuk menghindari adanya bunga dan biaya pinalti keterlambatan agar tidak menodai catatan kredit Anda.

lowongan pekerjaan
Marketing dan Surveyor, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

8 Partai Selesai Mendaftar di KPU Sleman, Salah Satunya Partai Baru

Hingga pukul Senin (16/10/2017) 19.30 WIB tercatat hanya delapan partai calon peserta Pemilu 2019 yang selesai menyerahkan berkas Solopos.com, SLEMAN- Hingga pukul Senin (16/10/2017) 19.30 WIB tercatat hanya delapan partai calon peserta Pemilu 2019 yang selesai menyerahkan berkas pendaftarannya ke…