News
Sabtu, 27 Mei 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 27 Mei

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mengenang sembilan tahun gempa Jogja 2006 (Twitter/@arikancil_)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi dari tahun ke tahun pada 27 Mei berikut dihimpun dari berbagai penjuru dunia.

Solopos.com, SOLO – Terjadi bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang dari tahun ke tahun pada 27 Mei. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com merangkum bermacam-macam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 27 Mei:

Advertisement

1703
Tsar Rusia, Pyotr I, mendirikan Kota Saint Petersburg sebagai ibu kota Ketsaran Rusia. Setelah meletusnya Revolusi Rusia yang menyebabkan runtuhnya ketsaran pada 1917, ibu kota Rusia dipindahkan ke Moskow.

Ilustrasi Pertempuran Tsushima. (Craighill.net)

Advertisement

Ilustrasi Pertempuran Tsushima. (Craighill.net)

Para pejalan kaki melintas di Jembatan Golden Gate di hari pertama pembukaan. (Npr.org)

1905
Pertempuran Tsushima yang melibatkan Rusia dan Jepang dimulai di Selat Tsushima, selat yang memisahkan daratan Jepang dan Korea. Pertempuran tersebut adalah pertempuran di perairan yang terakhir dalam Perang Rusia-Jepang. Pasukan Jepang berhasil memenangi Pertempuran Tsushima setelah berjuang kurang lebih dua hari.

Advertisement

1940
Sebanyak 99 tentara Inggris yang menyerah kepada pasukan Jerman di Desa Le Paradis, Lestrem, Prancis, justru dibantai sehingga hanya menyisakan dua tentara Inggris yang hidup. Peristiwa tersebut dikenang dengan sebutan Pembantaian Le Paradis.

Kapal perang milik Jerman, Bismarck, mengalami kerusakan parah sebelum tenggelam di Samudera Atlantik. (Dailymail.co.uk)

1940
Kapal perang milik Jerman, Bismarck, tenggelam di Samudera Atlantik setelah dibombardir empat kapal perang milik Inggris, yakni HMS King George V, HMS Rodney, HMS Norfolk, dan HMS Dorsetshire. Torpedo yang diluncurkan HMS Dorsetshir berhasil menenggelamkan Bismarck yang sebelumnya sempat membalas serangan Inggris. Serangan yang dilancarkan Inggris tersebut diklaim sebagai pembalasan terhadap Bismarck yang telah menenggelamkan kapal tempur milik Inggris, HMS Hood. Setidaknya 2.100 orang tewas dalam peristiwa tersebut.

Advertisement

1964
Perdana menteri pertama India, Jawaharlal Nehru, meninggal dunia saat masa jabatannya belum berakhir. Perdana menteri India yang menjabat sejak 1947 itu juga dikenal sebagai tokoh yang berpengaruh dalam memerdekakan India dari cengkeraman Inggris.

1965
Kapal perang milik Amerika Serikat (AS) tiba di Vietnam dan memulai penyerangan pertamanya. Markas-markas tentara Vietnam Utara yang berada di kawasan pantai Vietnam Selatan menjadi sasaran serangan kapal perang milik AS tersebut.

1987
Gervais Lombe Yao Kouassi lahir di Anyama, Pantai Gading. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola profesional dan lebih akrab disapa Gervinho. Sepanjang kariernya, Gervinho telah membela sejumlah klub sepak bola top di Eropa, antara lain Lille, Arsenal, dan AS Roma. Kini di usia 30 tahun, Gervinho membela klub sepak bola di Tiongkok, Hebei China Fortune.

Advertisement

1994
Setelah bubarnya Uni Soviet, penulis ternama asal Rusia, Alexander Solzhenitsyn, dapat kembali ke tanah kelahirannya setelah diasingkan selama 20 tahun. Solzhenitsyn diasingkan karena tulisan-tulisannya yang mengkritik pemerintahan Uni Soviet. Bahkan pada masa Perang Dunia II, dirinya pernah dibuang ke kamp kerja paksa setelah melontarkan kritikan pedas terhadap pemimpin Uni Soviet, Joseph Stalin.

Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta roboh akibat gempa bumi. (Ctvmews.ca)

2006
Gempa bumi tekntonik dengan kekuatan 6,3 skala Richter mengguncang Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Indonesia. Peristiwa tersebut menewaskan sekitar 5.800 orang dan membuat 1,5 juta orang kehilangan tempar tinggal mereka. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 26 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 25 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 24 Mei

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif