Jogja
Jumat, 26 Mei 2017 - 09:55 WIB

WISATA KULONPROGO : Jadi Lokasi Padusan, Kedung Pedut Siapkan Fasilitas

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah pengunjung menikmati segarnya air di kolam-kolam alami di kawasan wisata Air Terjun Kedung Pedut, Girimulyo, Jumat (5/4/2015). (Holy Kartika N.S/Harian Jogja)

Pengelola wisata alam Kedung Pedut telah melakukan sejumlah persiapan untuk menghadapi tradisi padusan

 
Harianjogja.com, KULONPROGO-Pengelola wisata alam Kedung Pedut telah melakukan sejumlah persiapan untuk menghadapi tradisi padusan yang diperkirakan dilakukan pada Jumat (26/5/2017) hari ini. Keamanan dan kenyamanan pengunjung menjadi prioritas.

Advertisement

Pengelola Kedung Pedut, Sarija mengatakan, persiapan sudah dilakukan dalam sepekan belakangan. Sejak dua tahun lalu, obyek wisata yang terletak di Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo tersebut menjadi salah satu lokasi alternatif untuk tradisi padusan menyambut ramadan.

Lebih dari 2.000 orang diproyeksikan berkunjung dalam sehari. Mereka tidak hanya berasal dari Kulonprogo tetapi juga berbagai daerah lain. “Belajar dari pengalaman dua tahun kemarin, persiapan baiknya jauh-jauh hari,” ujar Sarija, Kamis (25/5/2017).

Sarija mengungkapkan, pengelola menaruh perhatian khusus terhadap kondisi kolam-kolam yang akan dipakai padusan oleh pengunjung. Semuanya sudah sempat dikuras. Selain mengecek kedalaman kolam, mereka juga berupaya membersihkan benda-benda di dasar kolam yang bisa membahayakan pengunjung, seperti duri dan batu.

Advertisement

Nantinya ada tim khusus yang bertugas mengawasi keselamatan pengunjung di setiap kolam. “Peralatan maupun keperluan rescue lainnya juga sudah disiapkan semua,” kata dia.

Kedung Pedut juga berupaya mengantisipasi potensi kemacetan di jalur wisata akibat lonjakan pengunjung. Selain menyiagakan petugas di sejumlah titik rawan, beberapa marka pendukung pun disiapkan memudahkan sekaligus memperingatkan pengunjung. Dia berharap pengunjung selalu berhati-hati saat berkendara, terlebih karena jalan menuju Kedung Pedut relatif sempit dan banyak tanjakan.

Kedung Pedut terletak tidak jauh dari kawasan wisata Goa Kiskendo. Ada kolam-kolam eksotis berisi air berwarna hijau tosca yang terbentuk secara alami di sana. Kedalaman kolam mencapai 1-4 meter.

Advertisement

Obyek wisata yang dibuka sejak 2015 lalu itu juga memiliki air terjun setinggi 30 meter. Namun, posisi air terjun yang dikelilingi tebing membuatnya tidak terlihat karena tertutup kabut. “Itulah mengapa disebut pedut atau kabut,” ucap Sarija.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif