Soloraya
Jumat, 26 Mei 2017 - 09:35 WIB

Penjualan Pakaian Anak di Pasar Klewer Solo Mulai Meningkat Jelang Ramadan

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pedagang Pasar Klewer menata barang dagangan di kiosnya, Rabu (24/5/2017). (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Penjualan pakaian anak-anak di Pasar Klewer mulai meningkat menjelang Ramadan.

Solopos.com, SOLO — Penjualan pakaian anak-anak di Pasar Klewer Solo mulai meningkat menjelang Ramadan dan Lebaran ini meski belum signifikan.

Advertisement

Menurut salah satu pedagang Pasar Klewer, Agus Sutikno, pada tahun-tahun sebelumnya, penjualan pakaian anak-anak selalu meningkat signifikan menjelang Ramadan maupun Lebaran. “Biasanya tiga bulan sebelumnya sudah mulai ramai. Tapi saat ini peningkatannya belum banyak, pasar juga masih sepi. Mungkin karena saat ini masyarakat juga banyak kehutuhan untuk sekolah anak,” kata dia saat ditemui di Pasar Klewer sisi timur, Rabu (24/5/2017).

Dia mengatakan sudah sekitar tiga tahun terakhir ini musim Lebaran jatuh bersamaan dengan musim pendaftaran sekolah. Untuk itu masyarakat lebih mengutamakan kebutuhan pendidikan anak terlebih dahulu daripada membeli pakaian untuk Lebaran.

Di sisi lain, dia menjelaskan jenis pakaian yang banyak diminati saat menjelang Ramadan dan Lebaran adalah pakaian muslim anak. “Baju koko atau gamis itu banyak permintaan biasanya,” kata dia.

Advertisement

Untuk jenis pakaian tersebut harga grosir yang dipasarkan sekitar Rp40.000 per setel. Saat Koran Solo mengunjungi kiosnya, pakaian-pakaian muslim untuk anak-anak sudah banyak yang dipajang.

Hal senada disampaikan pedagang Pasar Klewer lainnya, Aksian. Dia mengatakan penjualan pakaian anak-anak menjelang Ramadan dan Lebaran tahun ini belum meningkat signifikan. Dia memperkirakan peningkatan penjualan baru terjadi saat mendekati Lebaran nanti.

“Untuk pasokan barang kami tetap menyiapkan. Soalnya kalau nanti permintaan meningkat tapi barang tidak siap, ya tidak kebagian panen,” ujar dia saat ditemui Solopos.com di Pasar Klewer sisi barat, Rabu.

Advertisement

Dia mengatakan pakaian anak-anak dijual mulai dari harga Rp20.000 hingga Rp40.000 per setel. Harga tergantung dari bahan dan motifnya. Harga tersebut termasuk untuk jenis pakaian muslim yang biasanya banyak diminati saat menjelang Lebaran.

Pedagang berharap musim Lebaran tahun ini tetap menjadi masa panen untuk penjualan pakaian. Bukan hanya pakaian anak, tapi semua jenis pakaian.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif