Jateng
Jumat, 26 Mei 2017 - 22:50 WIB

KORUPSI E-KTP : Website Info CPNS Kendal Diretas, Hacker Tinggalkan Umpatan

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tampilan laman Kendalkab.go.id/cpns/, Jumat (26/5/2017). (Kendalkab.go.id/cpns/)

Korupsi e-KTP digunakan sebagai dalih seorang hacker meretas laman Internet CPNS Kendal.

Semarangpos.com, KENDAL – Laman Internet yang berisi informasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Kendal, Kendalkab.go.id/cpns/, Jumat (26/5/2017), diketahui diretas pihak tak bertanggung jawab. Tampilan laman tersebut hanya berisi kalimat umpatan yang ditujukan kepada pelaku korupsi e-KTP.

Advertisement

“Halo orang kaya. Halo lagi orang masih kaya. Sudah kaya kok korupsi. E-KTP-ku gak jadi gara-gara lo janc*k. F*ck you Koruptor,” tulis sang hacker pada laman tersebut. Ia juga meninggalkan alamat surelnya, yakni Rrohim737@gmail.com.

Saat dihubungi Semarangpos.com melalui layanan surel untuk dimintai keterangan mengenai aksi peretasannya, sang hacker tak kunjung memberikan respons. Belum jelas mengapa peretasan yang ingin menyindir pelaku koruptor e-KTP itu ditujukan kepada laman informasi CPNS Kendal.

Namun berdasarkan penulusuran Semarangpos.com di mesin pencarian Google, laman informasi CPNS daerah Kendal itu sudah lama tak aktif. Di mesin pencarian Google, ditemukan artikel terakhir pada laman tersebut diunggah pada 2013 silam.

Advertisement

Di samping pertasan tersebut, laman resmi Internet milik Pemkab Kendal, Kendalkab.go.id tanpa menggunakan /cpns/, memiliki tampilan normal. Informasi mengenai Pemkab Kendal juga masih terseemat di laman tersebut.

Hal tersebut sedikit berbeda dengan peretasan yang menyasar laman Internet resmi milik Pemprov Jateng, Jatengprov.go.id beberapa waktu lalu. Peretas Jatengprov.go.id yang kala itu juga menyindir pelaku korupsi e-KTP berulang-ulang melakukan hack. Bahkan peretas Jatengprov.go.id seakan berusaha membuat laman tersebut tak dapat diakses.

[Baca juga: Jatengprov.go.id Di-hack! Ada Gambar Menyeramkan Goyang-Goyang]

Advertisement

Jika pada peretasan Jatengprov.go.id sang hacker jelas menyindir Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang kala itu namanya sempat terseret dalam kasus korupsi e-KTP, pada peretasan di laman Kendalkab.go.id/cpns/ kali ini tak diketahui alasan sang hacker menyindir pelaku korupsi e-KTP melalui laman tersebut.

Hingga Jumat (26/5/2017) pukul 19.53 WIB, laman tersebut masih berisi kalimat umpatan yang ditujukan kepada pelaku korupsi e-KTP. Sang hacker juga belum kunjung merespons surel yang dikirimkan Semarangpos.com. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif