News
Jumat, 26 Mei 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 26 Mei

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Michael Jackson dan Lisa Marie Presley. (Brides.com)

Catatan peristiwa bersejarah dari berbagai belahan dunia yang terjadi dari tahun ke tahun pada 26 Mei disajikan dalam tulisan berikut ini.

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada hari ke146—hari ke-147 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 26 Mei. Dihimpun Semarangpos.com dari Thepeoplehostory.com da Wikipedia.org, berikut ini catatan peristiwa dunia hari ini, 26 Mei:

Advertisement

451
Pertempuran Avarayr antara pasukan pemberontak Armenia yang dipimpin Santo Vartan melawan pasukan Kekaisaran Sassaniyah meletus di Avarayr, Armenia. Pasukan Kekaisaran Sassaniyah berhasil memenangi pertempuran tersebut sekaligus menguasai wilayah Armenia. Setelah meraih kemenangan, pihak Kekaisaran Sassaniyah menjamin kebebasan beragama bagi warga Armenia.

1865
Pasukan Konfederasi pimpinan Jenderal Edmund Kirby Smith yang menguasai kawasan Galveston, Texas menyerah kepada pasukan Union. Menyerahnya pasukan Konfederasi itu semakin memperkuat dominasi Union di Texas selama berlangsungnya Perang Saudara Amerika Serikat (AS).

Advertisement

1865
Pasukan Konfederasi pimpinan Jenderal Edmund Kirby Smith yang menguasai kawasan Galveston, Texas menyerah kepada pasukan Union. Menyerahnya pasukan Konfederasi itu semakin memperkuat dominasi Union di Texas selama berlangsungnya Perang Saudara Amerika Serikat (AS).

Menara Eiffel. (Wikimedia.org)

Tsar Nicholas II. (Pravda-team.ru)

Advertisement

Dokumentasi pengepungan Kota Calais di Prancis, 1940. (Ww2today.com)

Alberto Ascari. (Hemmings.com)

1889
Untuk kali pertama, Menara Eiffel di Paris, Prancis dapat dinaiki pengunjung. Pengunjung dapat menikmati keindahan Kota Paris dari ketinggian setelah lift di menara tersebut selesai dipasang.

Advertisement

1896
Nicholas II dinobatkan sebagai Tsar Rusia setelah ayahnya, Tsar Alexander III, meninggal dunia dua tahun sebelumnya. Nicholas II menjadi Tsar terakhir sebelum runtuhnya Ketsaran Rusia pada 1917.

1940
Pertempuran Dunkrik di Dunkrik, Prancis yang melibatkan pasukan Sekutu melawan pasukan Jerman dimulai. Pertempuran tersebut berlangsung kurang lebih lima hari dan berakhir dengan kemenangan Jerman. Wilayah Dunkrik menjadi kekuasaan Jerman setelah pertempuran tersebut berakhir.

1940
Pasukan Sekutu gagal mempertahankan Kota Calais di Prancis dari serangan pasukan Jerman. Sebelumnya, pasukan Jerman telah mengepung kota tersebut selama kurang lebih empat hari.

Advertisement

1955
Pembalap Formula 1 asal Italia, Alberto Ascari, meninggal dunia dalam kecelakaan saat balapan di seri GP Monako. Selama kariernya, Ascari dua kali meraih gelar juara Formula 1 bersama tim Ferrari.

1972
Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet menandatangani Traktat Peluru Kendali Anti-Balistik di Moskow, Rusia. Traktat tersebut mengatur pembatasan sistem peluru kendali anti-balistik yang digunakan AS maupun Uni Soviet untuk mempertahankan wilayah mereka terhadap senjata nuklir yang dibawa misil. Traktat Peluru Kendali Anti-Balistik berlaku selama tiga puluh tahun sejak ditandatangani.

1994
Penyanyi pop asal Amerika Serikat (AS), Michael Jackson, menikahi putri Elvis Presley, Lisa Marie Presley. Upacara pernikahan pasangan tersebut dilangsungkan di Republik Dominika. Pernikahan raja musik pop dan putri dengan putri dari penyanyi rock n roll legendaris tersebut hanya bertahan selama dua tahun setelah akhirnya bercerai pada 1996.

2006
Stasiun kereta api terbesar di Eropa dibuka di Berlin, Jerman. Pembangunan stasiun tersebut menghabiskan biaya lebih dari 700 juta euro dan memakan waktu selama delapan tahun. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 25 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 24 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 23 Mei

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif