News
Kamis, 25 Mei 2017 - 11:00 WIB

Polisi Temukan Benda Ini di Lokasi Bom Kampung Melayu

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Polisi berjaga di lokasi ledakan yang diduga bom di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (24/5/2017) malam. (JIBI/Solopos/Antara/Sigid Kurniawan)

Bom Kampung Melayu menewaskan dua pelaku dan tiga polisi.

Solopos.com, JAKARTA – Kepolisian, Kamis (25/5/2017), kembali menggelar olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) ledakan bom Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, Jakarta.

Advertisement

Berdasarkan informasi dari akun Twitter resmi TMC Polda Metro Jaya, Kamis, pada pukul 08.39 WIB, masih dilakukan olah TKP di lokasi ledakan Kampung Melayu sehingga untuk sementara lalin dari arah Pasar Gembrong menuju Lapangan Ros dialihkan.

Petugas kembali mensterilkan lokasi ledakan bom di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, sekitar pukul 08.30 WIB, setelah sekitar pukul 05.00 WIB garis polisi dilepas.

Advertisement

Petugas kembali mensterilkan lokasi ledakan bom di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, sekitar pukul 08.30 WIB, setelah sekitar pukul 05.00 WIB garis polisi dilepas.

Aparat juga baru menemukan dua buku telepon di dekat lokasi kejadian, karenanya TKP kembali disterilkan dengan radius 20 meter (m).

Sebelumnya, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol. Martinus Sitompul membenarkan terjadi dua ledakan bom di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, pada Rabu (24/5/2017) malam. Perbedaan jarak lokasi bom kedua yang meledak sekitar lima menit setelah yang pertama pada pukul 21.00 WIB, hanya sekitar 10 hingga 12 meter (m).

Advertisement

Pihak kepolisian menemukan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Selain itu, ia mengatakan akan melakukan pengamatan rekaman kamera CCTV yang sudah diserahkan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Berdasarkan dari rekaman kamera CCTV, menurut Martinus, kepolisian akan mencoba menganalisisnya untuk memperoleh gambaran utuh sebelum dan sesaat setelah kejadian. Dari situ diharapkan dapat diketahui apakah ini disengaja atau direncanakan dilakukan di tempat umum, dan apakah benar hanya dua pelaku saja atau ada pihak lain yang terlibat.

Pada bagian lain, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Rustam Mansur mengatakan pelaku bom bunuh diri di Kampung Melayuwarga Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Advertisement

Sebelumnya dalam pesan berantai via Whatsapp, foto wajah diduga pelaku disandingkan dengan foto seorang warga Kampung Ranji Tengah, Desa Ranji, yakni Wiryawan Indra Praja.

“Tidak benar pelaku bom bunuh diri merupakan warga Kebonpedes dan pesan berantai yang menjadi viral di dunia tersebut merupakan hoax karena orangnya ada di rumahnya dan masih hidup,” kata Rustam Mansur kepada wartawan, di Sukabumi, Kamis.

Bahkan polisi dari Polres Sukabumi Kota sempat mendatangi rumahnya dan memeriksanya. Menurutnya, karena adanya pesan berantai di dunia maya tersebut pihaknya juga sudah menjemput Wiryawan dan dimintai keterangan oleh pihak kepolisian.

Advertisement

Namun dari pemeriksaan tersebut yang bersangkutan tidak mengetahui dan bingung kenapa fotonya disandingkan dengan jenazah terduga teroris.

“Sekali lagi tidak ada kaitannya sama sekali dengan terduga pelaku bom di Kampung Melayu kami imbau warga, netizen dan warga pemegang smart phone agar tidak terprovokasi isu yang bermunculan di dunia maya dan masyarakat tidak perlu takut pascakejadian ini,” kata Rustam.

Advertisement
Kata Kunci : Bom Kampung Melayu
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif