Soloraya
Kamis, 25 Mei 2017 - 21:35 WIB

PILKADA KARANGANYAR : Pekan Depan, PDIP Mulai Jaring Calon Bupati-Wakil Bupati

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada serentak Jawa Tengah 2018. (JIBI/Semarangpos.com/Dok.)

Pilkada Karanganyar, PDIP akan mulai menjaring calon bupati-wakil bupati pekan depan.

Solopos.com, KARANGANYAR — Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Karanganyar akan memulai penjaringan calon bupati-wakil bupati untuk diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 awal pekan mendatang. Sebagai partai politik (parpol) yang memiliki kursi terbanyak di DPRD Karanganyar, PDIP optimistis meraih kemenangan di Pilkada 2018.

Advertisement

Ketua DPC PDIP Karanganyar, Endang Muryani, mengatakan penggodokan calon bupati-wakil bupati juga menunggu instruksi DPD PDIP Jateng. PDIP Karanganyar mengaku tak gentar menghadapi pertarungan di Pilkada 2018 kendati bakal berhadapan dengan pasangan petahana, Juliyatmono-Rohadi Widodo (Yuro). (Baca juga: Calon Perseorangan Harus Kantongi Minimal 51.000 Dukungan)

“Mekanismenya sedang disiapkan. Pekan depan akan disusun perangkatnya,” katanya kepada Solopos.com, Kamis (25/5/2017).

Disinggung sejumlah nama yang sudah digodok di internal PDIP, Endang Muryani enggan menjelaskan lebih lanjut. Salah satu kandidat terkuat sebagai calon bupati di Karanganyar dari PDIP , yakni Paryono, yang juga mantan wakil bupati Karanganyar.

Advertisement

“Kami akan menjalin komunikasi dengan partai politik [parpol] lain. Selain dari PDIP, nonkader atau dari parpol lain juga bisa mendaftar [saat penggodokan calon bupati dan calon wakil bupati Karanganyar]. Kriteria yang harus dipenuhi calon pemimpin yang diusung PDIP, yakni harus memegang semangat berjuang untuk wong cilik dan mengayomi masyarakat Karanganyar,” katanya.

Hal senada dijelaskan Wakil Bendahara DPC PDIP Karanganyar, Bety Haryani. Sejauh ini, PDIP Karanganyar yang memiliki 14 kursi di DPRD Karanganyar masih menunggu mekanisme partai guna menjaring calon bupati. “Nama-nama yang akan muncul tentu akan terlihat saat pendaftaran. Ditunggu saja,” katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun Solopos.com, pasangan petahana, Juliyatmono-Rohadi Widodo, sudah memperoleh dukungan politik, seperti dari PKS dan ormas marhaenis, yakni Banteng Liar Karanganyar. Di Pilkada 2013, pasangan Yuro mengalahkan pasangan Paryono-Dyah Sintawati (Pasti) dan Aris Wuryanto-Wagiyo Ahmad Nugroho (Ayo).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif