Logo Instagram (Adweek) Logo Instagram (Adweek)
Kamis, 25 Mei 2017 02:00 WIB Mayang Nova Lestari/JIBI/Harian Jogja Internet Share :

Baru! Akses Instagram Tak Pakai Internet

Benarkah akses Instagram tak perlu pakai internet?

Solopos.com, JAKARTA — Tak hanya Facebook, saat sesi gelaran konferensi pengembang F8 di California, Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu, Instagram rupanya juga menghadirkan fitur baru.

Setelah fitur membagikan sejumlah postingan dalam sekali unggah, kini kabar terbaru dari Instagram yakni layanan berbagi gambar atau video itu dapat diakses secara offline.

Pengguna platform Android dapat bersenang hati dengan kabar fitur teranyar Instagram ini. Sebab, dilansir dari Phone Arena melalui Liputan6.com, Rabu (26/4/2017), akses Instagram tanpa internet ini baru dapat dilakukan di platform Android. Pengguna kini dapat melihat profil yang sudah dibuka sebelumnya, termasuk unggahan yang sudah dimuat di tab Explore.

“Instagram offline, agar pengguna dapat terhubung dan tetap bisa mengakses konten di Instagram saat tidak memiliki koneksi internet,” tulis Instagram dalam deskripsi sesi tersebut.

Sebagai informasi, bahwa dengan fitur tersebut bukan berarti pengguna dapat mengakses Instagram tanpa internet sama sekali. Maksudnya, sejumlah unggahan yang sudah dimuat akan disimpan lebih dulu sehingga dapat dilihat kembali karena pengguna sedang offline.

Pengguna juga dapat menyimpan post yang sebelumnya telah dimuat, termasuk membuat unggahan baru, dan menyimpan draft. Kemampuan yang sama juga berlaku untuk memberikan like atau komentar saat tak ada internet.

Nantinya, komentar maupun postingan yang telah dioperasikan akan diunggah dengan segera setelah pengguna terhubung ke internet, seluruh konten itu akan dihubungkan secara otomatis ke server Instagram, sehingga dapat langsung diunggah.

Sayangnya, fitur ini tak berlaku untuk Instagram Stories, setidaknya untuk saat ini. Meskipun hanya hadir untuk Android saat ini, Instagram tak menutup kemungkinan fitur serupa bakal digulirkan di iOS.

Menurut analis, fitur ini merupakan cara Instagram menarik perhatian di negara berkembang. Seperti diketahui, beberapa negara dikenal masih memiliki ketersediaan internet yang belum merata dan tak stabil. Karenanya, fitur semacam ini akan sangat membantu pengguna di wilayah tersebut.

Cara serupa sebenarnya telah dilakukan Facebook selaku pemilik Instagram. Raksasa media sosial itu sudah menawarkan akses bebas internet sejak 2015 untuk membantu pengguna yang memiliki keterbatasan jaringan internet.

lowongan pekerjaan
BMT ALFA DINAR, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Musik Pop dan Nikah Muda

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (21/10/2017). Esai ini karya Udji Kayang Aditya Supriyanto, peminat kajian budaya populer dan pengelola Buletin Bukulah! Alamat e-mail penulis adalah udjias@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Saat isu komunisme (lagi-lagi) diangkat ke publik sekian waktu lalu,…