News
Rabu, 24 Mei 2017 - 06:00 WIB

KISAH UNIK : Selama 12 Tahun Petani Ini Membuat Kuda Besi

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kuda besi milik Dong menjadi perhatian warga (Vision China)

Kisah unik petani asal Provinsi Henan, Tiongkok yang membuat kuda besi.

Solopos.com, HENAN – Kuda besi bukanlah nama kiasan dari alat transportasi. Bagi seorang petani asal Provinsi Henan, Tiongkok, kuda besi merupakan kuda yang terbuat dari besi. Petani ini memiliki satu kuda besi.

Advertisement

Dong membawa kereta kuda besi ciptaanya berkeliling desa (Vision China)

Dilansir Shanghaiist, Jumat (19/5/2017), petani bernama Dong Xianchen itu memiliki memiliki keinginan agar bisa memiliki kereta kuda dan berkeliling kota menggunakan kereta kuda yang ditarik kuda miliknya sendiri. Tak mampu membeli kuda, petani tersebut memutuskan membuat kuda.

Ia menghabiskan waktu 12 tahun untuk membangun sebuah kuda dari besi. Dong mengumpulkan barang-barang bekas satu demi satu untuk membangun kuda besi impiannya. Setelah 12 tahun, Dong berhasil membuat kuda berasal dari besi. Kuda itu berdiri setinggi 1,2 meter,  panjang 1,7 meter, dan memiliki berat lebih dari 100 kg.

Advertisement

Sebagai kuda besi, kuda yang dimiliki Dong tidak bisa dinaiki, kuda tersebut disambungkan dengan kereta kuda, dan dioperasikan dari kereta kuda layaknya mobil. Dong memasang setir layaknya mobil di kereta kudanya untuk mengatur arah si kuda besi.

Hasil karya Dong ini menjadi perhatian warga Desa Huang tempat Dong tinggal. Setiap ia membawa kereta kuda dan kuda besinya berkeliling,. Tak sedikit warga penasaran, hingga mencoba membonceng.

 

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif