News
Rabu, 24 Mei 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 24 Mei

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Real Madrid merayakan gelar juara ke-10 dalam ajang Liga Champions UEFA. (Espnfc.com)

Catatan sejarah dari berbagai belahan dunia yang terjadi dari tahun ke tahun pada 24 Mei.

Solopos.com, SOLO – Berbagai macam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi dari tahun ke tahun pada hari ke-144—hari ke-145 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 24 Mei. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com merangkum berbagai peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 24 Mei:

Advertisement

1487
Lambert Simnel dilantik sebagai raja di Irlandia saat usianya masih 10 tahun dan lantas menyandang nama penobatan Edward VI. Pengangkatan Lambert sebagai raja itu diduga hanyalah tipuan yang dilakukan kelompok pemberontak untuk melemahkan kekuasaan Raja Henry VII di Irlandia.

1832
Kerajaan Yunani resmi dibentuk oleh Kerajaan Inggris Raya, Kekaisaran Perancis, dan Kekaisaran Rusia dalam Konvensi London. Kerajaan Yunani didirkan menyusul runtuhnya Kekaisaran Bizantium.

Advertisement

1832
Kerajaan Yunani resmi dibentuk oleh Kerajaan Inggris Raya, Kekaisaran Perancis, dan Kekaisaran Rusia dalam Konvensi London. Kerajaan Yunani didirkan menyusul runtuhnya Kekaisaran Bizantium.

1844
Telegraf elektrik untuk kali pertama digunakan. Samuel F.B. Morse sebagai penemu telegraf adalah orang yang kali pertama menggunakannya dengan mengirim telegram dari Maryland ke Washington D.C.

1915
Setelah resmi bergabung dengan sekutu, Italia mendeklarasikan perang terhadap Austria-Hungaria. Padahal sebelumnya, Italia dan Austria-Hungaria adalah negara yang bersekutu dalam Aliansi Tiga dengan Jerman.

Advertisement

Bob Dylan. (Nytimes.com)

1941
Robert Allen Zimmerman lahir di Duluth, Minnesota, Amerika Serikat (AS). Ia lantas dikenal sebagai seorang penyanyi, penulis lagu, dan penyair dengan nama panggung Bob Dylan. Bob Dylan bisa disebut sebagai musisi besar di AS. Majalah Rolling Stone menempatkan dirinya di urutan kedua dalam daftar musisi paling hebat sepanjang masa.

Kapal Bismarck. (Hostoryonthenet.com)

Advertisement

1941
Kapal perang Jerman, Bismarck, menenggelamkan kapal perang Inggris, HMS Hood. Peristiwa itu terjadi pada Pertempuran Selat Denmark dalam Perang Dunia II. Lebih dari 1.400 jiwa melayang dalam peristiwa tersebut.

1948
Dalam Perang Arab-Israel, pasukan Mesir berhasil menduduki kawasan Yad Mordechai, Israel. Namun keberhasilan pasukan Mesir itu hanya bertahan selama lima hari sebelum pasukan Israel berhasil merebut kembali kawasan tersebut.

2000
Israel menarik tentaranya yang menduduki kawasan Lebanon bagian selatan. Sebelumnya, tentara Israel telah menduduki kawasan tersebut selama 22 tahun.

Advertisement

2014
Klub sepak bola raksasa asal Spanyol, Real Madrid, berhasil meraih gelar juara ke-10 dalam ajang Liga Champions UEFA setelah mengalahkan rival sekotanya, Atletico Madrid, pada laga final dengan skor 4-1. Gelar ke-10 yang diraih itu makin mengokohkan Real Madrid sebagai pemegang gelar juara Liga Champions UEFA terbanyak. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa 23 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa 22 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa 21 Mei

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif