Sport
Selasa, 23 Mei 2017 - 16:35 WIB

PIALA SUDIRMAN 2017 : Tantowi/Gloria Kalah, Indonesia Tertinggal 0-1 dari India

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tontowi Ahmad dan Gloria Emanuelle Widjaja (Badmintonindonesia.org)

Piala Sudirman 2017 mempertemukan kubu Indonesia dan kubu India.

Semarangpos.com, SOLO – Indonesia tertinggal dari India dalam pertandingan fase grup 1D Piala Sudirman 2017 di Gold Coast Sports & Leisure Centre, Gold Coast, Australia, Selasa (23/5/2017) sore WIB. Pasangan ganda campuran Indonesia, Tantowi Ahmad/Gloria Emanuelle Widjaja, takluk dari pasangan India, Satwiksairaj Rankireddy-Ashwini Ponnappa.

Advertisement

Pada awal pertandingan, kedua pasangan sama-sama kerap melakukan kesalahan yang mengakibatkan jarak poin tak terlalu jauh. Pertahanan pasangan Indonesia yang luar biasa saat laga berjalan 10 menit justru membuat pasanga India melakukan lebih banyak kesalahan dan membuat Indoensia sempat memimpin dengan skor 9-6.

Meski sempat memimpin dengan jarak tiga poin, baik Tantowi maupun Gloria kembali melakukan banyak kesalahan sehingga dapat dimanfaakan Rankireddy untuk melancarkan smash keras yang tak dapat dibendung pasangan Indonesia. Paruh pertama set pertama berakhir dengan skor 11-10 untuk kemenangan Indonesia.

Pasangan Indonesia mengandalkan pukulan tipuan untuk mengemas poin demi poin pada set pertama. Tantowi Ahmad dan Gloria masih terlihat kurang kompak sehingga kerap menghasilkan kesalahan yang menguntungkan lawan. Pukulan keras mulai disuguhkan pasangan Indonesia demi meraih kemenangann pada game pertama.

Advertisement

Tantowi Ahmad yang dari awal pertandingan hanya menyuguhkan pukulan tipuan akhirnya mengandalkan smes kerasnya menjelang akhir game pertama. Namun kesalahan demi kesalahan kembali dilakukan pasangan Indonesia hingga menghasilkan poin deuce 20-20. Setelah deuce, Tantowi Ahmad justru melakukan banyak kesalahan hingga membuat India memenangi set pertama dengan skor 20-22.

Pada awal game kedua, pasangan Indonesia tampaknya ingin menebus kesalahan pada set pertama. Belum lima menit set kedua dimulai, pasangan Indonesia berhasil memimpin dengan skor 4-0. Smash keras yang sulit dibendung kembali disuguhkan Rankireddy sehingga membuat Indonesia tertinggal dengan 4-5.

Beberapa kesalahan komunikasi yang dilakukan pasangan Indonesia, membuat pasangan India berhasil mencuri banyak poin. Indonesia berhasil memenangi paruh set kedua dengan skor 11-7 berkat pukulan-pukulan Tantowi Ahmad yang menghasilkan banyak angka.

Advertisement

Selanjutnya pasangan Indonesia justru melakukan banyak kesalahan. Pukulan  keras Tantowi Ahmad kerap menyangkut di net sehingga menghasilkan poin untuk pasangan India. Namun pasangan Indonesia berhasil menang di game kedua dengan skor 21-17. Dengan hasil itu, pertandingan antara Tontowi/Gloria vs Satwiksairaj Rankireddy/Ashwini berlanjut ke game ketiga.

Awal game ketiga diwarnai dengan serang bertubu-tubi yang dilancarkan pasangan India sehingga membuat pasangan Indoensia sempat tertinggal dengan skor 1-4. Tak jauh beda dengan set pertama dan kedua, pasangan Indonesia kembali melakukan banyak kesalahan, terutama dalam hal komunikasi, sehingga membuat India unggul dengan skor 11-5 pada paruh pertama set ketiga.

Paruh kedua game ketiga, pertandingan diwarnai kesalahan yang dilakukan Tontowi/Gloria dalam mengantisipasi pukulan keras yang diberikan Rankireddy ataupun Ponnappa sehingga membuat Indonesia makin tertinggal dengan skor 7-15.

Di penghujung laga, pasangan Indonesia justru kerap memberikan bola tanggung yang berhasil disambar pasangan India dengan smash keras yang tak dapat dibendung. Game ketiga akhirnnya berhasil dimenangi pasangan India dengan skor 19-21.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif