Jateng
Selasa, 23 Mei 2017 - 15:50 WIB

LEBARAN 2017 : Pemudik Bisa Lintasi Tol Batang-Semarang Hingga Gringsing

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pekerja melintas lokasi pembangunan jalan tol Semarang-Batang di Ngaliyan, Semarang, Jateng, Rabu (8/2/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Lebaran 2017 bisa disongsong para pemudik dengan memanfaatkan jalur jalan tol Batang-Semarang hingga Gringsing.

Semarangpos.com, SEMARANG — PT Jasa Marga Semarang Batang (JSB) mengumumkan ruas jalan tol Batang-Semarang sepanjang 75 km yang sedang dalam tahap pembangunan, siap dilintasi pada musim mudik Lebaran 2017. Namun, para pemudik hanya bisa memanfaatkannya sampai Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Advertisement

“Ya, secara fungsional yang paling siap untuk ruas Batang-Semarang ini sampai Gringsing atau sekitar 40 km,” kata Dirut PT JSB Saut Simatupang kepada pers peserta Sosialiasi Jalur Fungsional Tol Batang-Semarang di Kota Semarang, Selasa (23/5/2017). Penegasan tersebut disampaikan untuk memberikan penjelasan dan klarifikasi kepada publik terkait dengan informasi kesiapan jalur jalan tol fungsional setelah exit atau jalan pintu tol Brebes.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pernah menyebutkan jalur fungsional tol Angkutan Lebaran 2017 adalah hingga Ngaliyan, Semarang yang merupakan seksi V proyek tol Batang-Semarang. Sedangkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan jalur fungsional untuk musim mudik 2017 via tol secara fungsional sampai Weleri, Kabupaten Kendal yang termasuk seksi III proyek tol Batang-Semarang.

Saut melanjutkan untuk ruas sisanya yaitu Gringsing-Ngaliyan akan tetap dikerjakan, hanya saja kemungkinan lean concrete (LC) atau lapisan beton dasar belum siap atau tak sempat diselesaikan. “Sehingga mungkin saja bisa tembus sampai Ngaliyan Semarang, tapi belum layak karena masih ada jalan tanah, bukan LC lebar tujuh meter dan ketebalan beton 10 cm,” kata Saut.

Advertisement

Saut juga menyebutkan bahwa progres secara keseluruhan jalur fungsional sampai saat ini yang siap adalah 76% dan sisanya 24%. “Secara keseluruhan progres konstruksi proyek ini adalah 25% dan lahan sudah 83,59%. Diharapkan sampai akhir Mei persoalan lahan sudah selesai atau terbebas,” kata Saut.

Ia juga menambahkan jalur fungsional sudah siap dilalui pemudik mulai H-10 atau 15 Juni 2017. “Tambahan tol fungsional dari Exit Brebes hingga Gringsing sekitar 110 km. Itu lumayan untuk mengurangi kepadatan di jalan nasional,” katanya.

Soal Ngaliyan Saut juga menyinggung mengapa Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyebut secara fungsional bisa sampai Ngaliyan, karena hal itu dengan asumsi pembebasan lahan selesai akhir 2016. “Waktu itu kami laporkan jika lahan tuntas akhir Desember maka secara fungsional untuk mudik tahun ini bisa sampai Ngaliyan,” kata Saut.

Advertisement

Ruas tol Batang-Semarang sepanjang 75 km merupakan bagian dari Tol Trans Jawa dan ditargetkan selesai dan beroperasi pada triwulan IV 2018. Ruas ini melewati tiga kabupaten dan kota, yakni Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kota Semarang.

Pemilik konsesi ruas ini adalah PT JSB dengan pemilik saham 60% PT Jasa Marga Tbk. Dan 40% Waskita Toll Road, anak usaha PT Waskita Karya. PT JSB juga memiliki konsesi 25 km untuk tol di Trans Sumatera yakni di ruas Terganggi Besar-Kayu Agung.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif