Kolom
Selasa, 23 Mei 2017 - 06:00 WIB

GAGASAN : Kasus Klaten Mengingat Pejabat Pengingkar Amanat

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Muhammad Milkhan (Istimewa)

Gagasan Solopos ini telah terbit di HU Solopos Edisi Rabu (4/1/2017). Buah gagasan Muhammad Milkhan, pengurus cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Klaten yang beralamat email di milkopolo@rocketmail.com.

Solopos.com, SOLO — Predikat laknat memang pantas disematkan kepada para pejabat yang mengingkari amanat. Para pejabat laknat bisa dibilang lebih keji daripada para perampok karena efek ulah mereka jauh lebih merugikan masyarakat.

Advertisement

Para perampok hanya sanggup merampok dan merugikan satu atau dua orang. Pejabat laknat bisa menyebabkan ratusan bahkan ribuan orang menderita kerugian. Ada perampok yang terpaksa membunuh korbannya.

Pejabat laknat secara perlahan dan pasti mengakibatkan banyak masyarakat kelaparan dan menanggung kemiskinan menuju kematian. Warga Klaten mempunyai persoalan besar, yaitu perihal ingatan.

Memang tidak semuanya punya persoalan itu. Faktual, persoalan daya ingat menjadi penyakit yang diidap mayoritas warga Klaten. Warga yang mayoritas itu berulang kali gagal mengingat masa lalu yang buruk perihal pemimpin mereka hingga kejadian memalukan terjadi pada akhir tahun, beberapa hari lalu.

Itu sebenarnya ulangan hal yang sama. Sang suami yang pernah menjabat Bupati Klaten beberapa tahun yang lalu tersangkut kasus dugaan korupsi. Kini si istri yang menduduki kursi bupati, seperti almarhum suaminya, juga tersangkut kasus sama, terjerat kasus dugaan korupsi bermodus suap.

Sang suami ini, kini telah almarhum, pernah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek pengadaan buku paket tahun ajaran 2003/2004 senilai Rp 4,7 miliar dan kasus penggunaan dana anggaran pendapatan belanja daerah untuk perjalanan ke luar negeri.

Bupati perempuan yang punya wakil bupati perempuan dan bisa jadi merupakan satu-satunya pasangan perempuan kepala daerah di Indonesia tersebut tertangkap basah sedang menerima suap atau gratifikasi terkait mutasi pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klaten.

Semula ia istri bupati kemudian menjadi wakil bupati dan akhirnya menjadi bupati. Ini hal mudah yang tidak perlu membutuhkan tenaga terlalu besar untuk terus mengingat dan menyimpannya di memori otak waras warga Klaten.

Advertisement

Faktanya, masih ingatkah warga Klaten bahwa sang suami dulu adalah bupati yang memiliki prestasi buruk? Pada akhir jabatannya sang suami disangka melakukan korupsi dengan memanfaatkan kekuasaannya untuk mengeruk keuntungan pribadi.

Tanda-tanda bahwa ingatan mayoritas warga Klaten begitu lemah terbukti dalam pemilihan kepala daerah pada  2010 tatkala Sri Hartini mencalonkan diri menjadi wakil bupati mendampingi calon bupati petahana, Sunarna.

Masa lalu suaminya sebagai sosok bupati yang disangka melakukan korupsi di Klaten ternyata tidak menjadikan warga Klaten jera dam malah memilih istri mantan bupati tersebut menjadi orang nomor dua di Kabupaten Klaten.

Kala itu pasangan Sunarna dan Sri Hartini mendapat suara meyakinkan mengalahkan lawan mereka dalam. Ini bukti mayoritas warga Klaten memiliki kemampuan daya ingat yang buruk, mereka memilih seorang istri mantan bupati yang disangka melakukan korupsi menjadi wakil pemimpin daerah mereka.

Selanjutnya: Kelemahan daya ingat mayoritas warga Klaten mencapai puncaknya

Daya Ingat

Advertisement

Kelemahan daya ingat mayoritas warga Klaten mencapai puncaknya dalam pemilihan kepala daerah Kabupaten Klaten pada 2015 lalu. Sri Hartini dan Sri Mulyani (istri Sunarna, Bupati Klaten dua periode)  akhirnya terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Klaten periode 2015–2020.

Bayangkan, betapa mudahnya warga Klaten kehilangan ingatan. Ingatan terhadap tabiat buruk masa lalu pemimpin mereka. Dinasti pemimpin korup bercokol bertahun-tahun di daerah mereka.

Seolah-olah mereka ikhlas dan rela begitu saja menyerahkan Klaten yang gemah ripah loh jinawi dirawat dan dikomandoi oleh orang-orang yang berekam jejak lancung dalam melaksanakan amanat rakyat.

Masalah mengingat menjadi persoalan penting untuk dijadikan bahan evaluasi warga Klaten agar dinasti para pejabat di Klaten tidak semakin menggurita.

Banyaknya intelektual, ulama, budayawan, juga tokoh masyarakat yang berpengaruh di tengah-tengah masyarakat Klaten seharusnya ikut andil untuk terus mengingatkan persoalan kelemahan daya ingat yang diidap mayoritas warga Klaten.

Sayang sekali, sumber daya manusia yang dimiliki Klaten ternyata tidak semelimpah sumber daya alamnya. Air, sawah, gunung, serta kesuburan tanah yang dianugerahkan Tuhan untuk warga Klaten justru dijadikan alat oleh beberapa orang untuk menumpuk kekayaan pribadi.

Masjid agung baru yang menghabiskan uang rakyat puluhan miliar dan hingga kini masih belum tuntas pembangunannya ternyata sudah mulai rusak. Gapura perbatasan yang menghabiskan dana hampir dua miliar ternyata belum ada dua tahun juga sudah mulai rusak. Penambangan pasir dan batu yang kian merusak ekosistem sekitar. Eksploitasi sumber daya air yang membabi buta.

Advertisement

Infrastruktur buruk di banyak daerah pedalaman. Banyaknya kasus terorisme. Masih banyak lagi persoalan lain di wilayah Klaten. Ini semua tentu pantas menjadi pengingat untuk bersama-sama mencari pemimpin yang lebih baik daripada pemimpin-pemimpin sebelumnya.

Di situs mojok.co ada seorang warga Klaten yang menulis artikel tentang operasi tangkap tangan Bupati Klaten oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia mengupas habis dinasti pemimpin korup di Klaten. Di akhir tulisan, si penulis mengucap syukur bahwa pada beberapa kali pemilihan kepala daerah ia lebih memilih menjadi golongan putih alias tidak menggunakan hak suaranya.

Dengan menjadi golongan putih tersebut ia merasa telah terselamatkan dari dosa. Ia tidak ikut-ikutan memilih pemimpin korup. Sekilas pernyataan si penulis terkesan benar, namun bila kita cermati si penulis yang asli Klaten tersebut adalah contoh orang yang juga terjangkiti penyakit hilang ingatan.

Orang yang semacam ini banyak. Apabila mereka mau berpikir secara jernih dan rasional dengan menggunakan daya ingat yang sehat, harusnya justru melibatkan diri menggunakan hak suaranya memilih pemimpin baru yang masih belum ternoda hal-hal yang berbau korupsi dan kelancungan.

Dengan absennya orang-orang demikian ini dari menggunakan hak suara, justru secara tidak langsung menyetujui kelanggengan dinasti korup di daerahnya. Demikian juga para ulama, tokoh agama, intelektual, cendekiawan, budayawan, serta tokoh masyarakat di Klaten yang beberapa hari terakhir ramai mengucap syukur di media sosial atas tertangkapnya Bupati Klaten oleh KPK.

Selanjutnya: Seharusnya mereka sadar diri…

Advertisement

Introspeksi

Seharusnya mereka juga sadar diri dan introspeksi bahwa apa yang terjadi sekarang adalah juga bagian dari ketidakmampuan mereka mengarahkan masyarakat memilih pemimpin yang lebih baik. Sayangnya, mereka seolah-olah mengalami ekstase sendiri.

Ketika ada kejadian memalukan seperti ini mereka ramai mengutuk, namun ketika pemilihan kepala daerah mereka justru berdesak-desakkan mengantre mendukung para calon pemimpin yang paling royal memberi tambahan upeti untuk menambah kekayaan pribadi.

Ketidakmampuan Kabupaten Klaten melahirkan pemimpin baru yang lebih baik adalah juga tanggung jawab para tokoh masyarakat Klaten tersebut. Mereka telah gagal menyiapkan diri dan generasi muda yang mumpuni untuk menjadi pemimpin daerah yang jauh dari tabiat korup.

Mestinya mereka bukan hanya mengumbar ayat suci, debat adu pendapat, atau memunculkan alibi yang bertubi-tubi demi menghindarkan diri dari kegagalan memilih pemimpin yang baik. Seharusnya mereka merawat ingatan, jangan sampai hal buruk yang semacam ini terulang lagi di Klaten.

Kutipan klise namun mujarab dari Bung Karno harus kembali kita ingat, sekadar untuk mengingatkan partai politik pendukung bupati korup, mayoritas masyarakat Klaten yang gampang lupa, juga para ulama, cendekiawan, tokoh masyarakat, tokoh agama, budayawan, dan lain sebagainya.

Bung Karno pernah mengucap,”Jas merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah!” Baik itu sejarah kelam maupun sejarah cemerlang kedua-duanya sama-sama bisa kita jadikan pelajaran. Dalam konteks Klaten, tentu dominasi sejarah kelam masih lebih banyak daripada sejarah cemerlang.

Advertisement

Yang terpenting bagi warga Klaten sekarang adalah terus merawat ingatan masing-masing dan saling mengingatkan satu sama lain. Tentu hal demikian bukan hanya di Klaten. Banyak pejabat dan dinasti politik korup bercokol dan merajalela di berbagai daerah di Indonesia.

Marilah kita saling mengingatkan. Bukankah saling mengingatkan kepada hal-hal yang baik adalah bagian dari berlomba-lomba di dalam kebaikan? Tuhan pasti menyukai itu. Pasti!

 

 

 

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif