News
Selasa, 23 Mei 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 23 Mei

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kerusakan yang diakibatkan serangan ISIS di Suriah, 23 Mei 2016. (Theguardian.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 23 Mei, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Solopos.com, SOLO – Bermacam-macam kejadian penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 23 Mei. Dihimpun dari Thepeoplehiostory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com merangkum bermacam-macam kejadian itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 23 Mei, demi mengenangnya:

Advertisement

Lukisan yang menggambarkan Perang Delapan Puluh Tahun (1566-1648). (Wikipedia.com)

Lukisan yang menggambarkan Perang Tiga Puluh Tahun (1618-1648). (Kaskus.co.id)

Advertisement

Lukisan yang menggambarkan Perang Tiga Puluh Tahun (1618-1648). (Kaskus.co.id)

1568
Kelompok pemberontak Belanda pimpinan Louis dari Nassau, mengalahkan tentara loyalis Kekaisaran Spanyol yang kala itu menjadi penguasa di Belanda. Peristiwa itu memicu Perang Delapan Puluh Tahun yang berakhir dengan merdekanya Belanda dari Kekaisaran Spanyol.

1618
Kerusuhan massal dengan skala besar untuk kali kedua terjadi di Praha, Ceko. Kerusuhan besar yang menewaskan sejumlah orang itu lantas menjadi salah satu pemicu meletusnya Perang Tiga Puluh Tahun.

Advertisement

1932
Empat siswa di Brazil yang berunjuk rasa menuntut turunnya Getulio Vargas dari jabatannya sebagai presiden ditembak mati oleh aparat keamanan Brazil. Peristiwa itu memicu Revolusi Konstitusional beberapa pekan kemudian.

1941
Blok Sentral—Italia dan Jerman—mengklaim telah menenggelamkan semua kapal perang milik Inggris di Laut Tengah. Kejadian yang diklaim pihak Blok Sentral itu adalah bencana terbesar terhadap kapal perang semasa Perang Dunia II.

Karl Donitz. (Framepool.com)

Advertisement

Heinrich Himmler. (Thesun.co.uk)

1945
Pemerintahan Flensburg yang didirikan sebagai pemerintah darurat setelah kalahnya Nazi Jerman dalam Perang Dunia II dibubarkan pasukan Sekutu. Semua anggotanya ditangkap dan dipenjara. Sebelum dibubarkan, Pemerintahan Flensburg dipimpin Karl Donitz sebagai presidennya.

1945
Menyusul kekalahan Jerman pada Perang Dunia II, orang kepercayaan Adolf Hitler sekaligus pemimpin organisasi keamanan dan militer Jerman, Heinrich Himmler, bunuh diri di dalam penjara saat menjadi tahanan militer Sekutu. Ia bunuh diri dengan meminum racun yang telah ia bawa sebelum tertangkap.

Advertisement

1951
Tujuh Belas Butir Perjanjian Pembebasan Damai Negara Tibet ditandatangani perwakilan rakyat Tibet untuk memberi wewenang kepada Tiongkok mendirikan pemerintahan di Tibet. Meski ditandatangai para perwakilan yang mengatasnamakan rakyat, pemerintah Tibet tak pernah menyutujui perjanjian tersebut.

1981
Suriah mengeluarkan ancaman kepada Israel untuk tidak menyerang Suriah dan Lebanon. Jika Israel benar-benar melakukannya, Suriah mengancam akan mendeklarasikan perang yang akan memicu perang skala besar di Timur Tengah.

2016
ISIS melakukan delapan serangan bom di kota-kota tepi pantai Suriah dan satu serangan di Kota Aden, Yaman. Serangan yang dilakukan tentara ISIS di Suriah itu menewaskan sedikitnya 184 orang dan melukai 200 lainnya, sedangkan serangan di Yaman menewaskan 45 orang. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa 22 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa 21 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa 20 Mei

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif