Jogja
Selasa, 23 Mei 2017 - 11:20 WIB

Baca Buku di Perpustakaan Sleman Bisa Lewat Komputer atau Ponsel

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah seorang pegawai negeri sipil Pemkab Sleman mencoba aplikasi e-book via dekstop, Senin (22/5/2017). (Abdul Hamied Razak/JIBI/Harian Jogja)

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sleman meluncurkan aplikasi e-book

Harianjogja.com, SLEMAN- Untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat mengakses buku, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Sleman meluncurkan aplikasi e-book.

Advertisement

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman AA Ayu Laksmidewi menjelaskan, aplikasi tersebut disediakan untuk memudahkan masyarakat mengakses koleksi buku di perpustakaan daerah. “Mereka yang dapat mengakses koleksi buku harus terdaftar dulu sebagai anggota perpustakaan,” kata Ayu saat jumpa pers di Pemkab Sleman, Senin (22/5/2017).

Buku berbasis elektronik yang disediakan (e-book) dapat dibaca oleh masyarakat. Hanya saja, tidak semua buku yang dikoleksi dapat dibaca secara online tetapi masih dilakukan secara offline.

“Jadi pengunjung atau member belum semua dapat dibaca secara online karena buku belum dapat diunduh dalam Play Store ponsel,” jelasnya.

Advertisement

Peluncuran aplikasi e-book tersebut juga memberikan dampak positif bagi masyarakat. Selain kemudahan mengakses via ponsel pintar, waktu yang dimiliki member cukup luang karena tidak perlu mendatangi perpustakaan.

Koleksi e-book yang disediakan saat ini merupakan buku publik seperti kategori buku sosial, ekonomi hingga masalah kesehatan. “Selain itu, ketersediaan aplikasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan gerakan gemar membaca,” terangnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif