News
Senin, 22 Mei 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 22 Mei

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Manchester United merayakan gelar juara Liga Inggris ke-19 mereka pada 2011. (Dailymail.co.uk)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah yang terjadi pada 22 Mei dari tahun ke tahun di berbagai penjuru dunia ini layak Anda simak.

Solopos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang dari tahun ke tahun pada 22 Mei. Demi mengenangnya, Semarang.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 22 Mei, yang dihimpun dari Thepeoplehotory.com dan Wikipedia.org:

Advertisement

334
Tentara Kerajaan Makdeonia pimpinan Alexander mengalahkan pasukan Kerajaan Persia yang dipimpin Darius III. Dari kemenangan itu, Kerajaan Makedonia berhasil mencaplok sejumlah kawasan yang sebelumnya milik Kerajaan Persia.

853
Pasukan Kekaisaran Bizantium membombardir Kota Damietta di Mesir dalam upayanya menduduki kawasan Mesir. Padahal, Kota Damietta sama sekali tak dijaga oleh kekuatan militer saat dibombardir pasukan Kekaisaran Bizantium.

Advertisement

853
Pasukan Kekaisaran Bizantium membombardir Kota Damietta di Mesir dalam upayanya menduduki kawasan Mesir. Padahal, Kota Damietta sama sekali tak dijaga oleh kekuatan militer saat dibombardir pasukan Kekaisaran Bizantium.

1629
Kaisar Romawi Ferdinand II dan Raja Denmark Christian IV menandatangani Traktat Lubeck di Lubeck, Jerman. Dari traktat tersebut disebutkan Kerajaan Denmark sudah tak boleh lagi terlibat dalam Perang Tiga Puluh Tahun.

Penandatangan Pakta Baja di Berlin, Jerman. (Wikimedia.org)

Advertisement

1939
Pakta Baja atau yang lebih dikenal dengan nama Pakta Persahabatan dan Aliansi ditandatangani Jerman dan Italia di Berlin, Jerman. Pakta tersebut berisi kerja sama dalam bidang dan kemiliteran antara pihak Jerman dan Italia yang sekaligus menjadi awal terbentuknya Blok Sentral.

1941
Inggris berhasil menduduki Kota Fallujah di Irak selama Perang Inggris-Irak. Peristiwa itu menjadi awal kemenangan Inggris atas Irak yang dilindungi Jerman dan Italia.

1942
Meksiko mendeklarasikan keterlibatannya dalam Perang Dunia II dan bergabung dengan pihak Sekutu. Keterlibatan Meksiko itu dipicu penyerangan Jerman terhadap kapal tanker milik Meksiko yang hendak mengirim minyak ke Amerika Serikat (AS).

Advertisement

Winston Churchill. (Churchillcentral.com)

1945
Seiring dengan meredanya Perang Dunia II, Winston Churchill mengundurkan diri dari jabatannya sebagai perdana menteri Inggris yang ia jabat sejak 1940. Enam tahun berselang, Churcill kembali menjabat sebagai perdana menteri hingga akhirnya mengundurkan diri lagi pada 1955 karena kondisi kesehatannya yang terus menurun.

Richard Nixon (Biografiasyvidas.com)

Advertisement

1972
Presiden Amerika Serikat (AS) Richard Nixon berkunjung ke Moskow, Rusia demi merundingkan sebuah perjanjian tentang pembatasan produksi senjata kemiliteran dengan para pimpinan Uni Soviet. Richard adalah presiden pertama AS yang berkunjung ke Uni Soviet sejak Perang Dingin dimulai. Dari kunjungannya tersebut, pihak AS dan Uni Soviet sepakat untuk memberlakukan pembatasan produksi senjata.

1990
Yaman kembali bersatu setelah terpecah menjadi Republik Arab Yaman atau Yaman Utara dan Republik Demokratik Rakyat Yaman atau Yaman Selatan selama 150 tahun. Sebelum penggabungan itu, Yaman Selatan menjadi satu-satunya negara di Timur Tengah yang menganut paham komunis.

2011
Manchester United meraih gelar juara Liga Inggris ke-19, sekaligus melampaui rival abadi mereka, Liverpool, yang telah meraih 18 gelar juara. Raihan tersebut menjadikan klub berjuluk Setan Merah itu menjadi pemegang jumlah gelar juara Liga Inggris terbanyak. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa 21 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa 20 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa 19 Mei

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif