News
Minggu, 21 Mei 2017 - 21:10 WIB

Siswa Wajib Nyanyikan Lagu Indonesia Raya Setiap Hari

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mendikbud Muhadjir Effendy (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Siswa diwajibkan menyanyi lagu Indonesia Raya setiap hari yang berlaku mulai tahun ajaran baru.

Solopos.com, SOLO – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mewajiban siswa menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap hari di sekolah. Aturan ini diberlakukan mulai tahun ajaran baru.

Advertisement

“Siswa akan menyanyikan Indonesia Raya setiap hari sebelum pelajaran dimulai di kelasnya, dan mereka semua akan memimpin secara bergiliran menjadi derijennya,” kata Mendibud, saat kunjungan kerja Perusahaan rekaman milik Negara Lokananta, Sabtu (20/5/2017) di Solo, Jawa Tengah.

Mendibud sebagaimana dikabarkan Antara, Minggu (21/5/2017), mengatakan ada program dari Direktur Jenderal Kebudayaan, Kemendibud untuk memproduksi master CD lagu-lagu nasional dengan dimulai dengan lagu Indonesia Raya tiga stanza atau bait yang nantinya akan dikirim ke instansi-instasi, termasuk ke sekolah-sekolah untuk dijadikan pedoman atau panduan untuk menyelenggaraan di sekolah.

Hal tersebut, kata Mendikbud, juga menindaklanjuti surat edaran Kemendikbud, yang semua sekolah dari SD ke SMP hingga SMA/SMK untuk menyanyikan Indonesia Raya di setiap sekolah dan siswa yang meminpin secara bergiliran.

Advertisement

“Kami berharap para siswa setelah tamat dari sekolah semua anak pasti sudah mempunyai pengalaman memimnpin lagu Indonesia Raya,” kata Mendibud.

Mendikbud mengatakan rencana ada tiga stansa, tetapi awalnya satu stansa terlebih dahulu akan dimulai ajaran baru Agustus tahun ini. Pihaknya akan mengecek ke sekolah-sekolah apakah sudah dijalankan atau belum.

“Saya kira cara kita untuk lebih memantapkan rasa nasionalisme pemahaman terhadap Pancasila itu, jangan banyak melarang tetapi dikonter dengan aktivitas yang lebih produktif akhirnya dapat menghilangkan atau mengurangi kreativitas jiwa yang tidak nasionalisme pada siswa,” katanya.

Advertisement

Sementara itu menurut Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid, copy CD akan dilakukan secara bertahap pertama terbatas untuk di daerah 1.000 kecamatan, selain itu, juga dibuka website khusus lagu Indonesia Raya, sehingga semua orang bisa mengaksesnya.

Lagu Indonesia Raya kali pertama dibuat 1928, kata dia, notasinya memang pada waktu itu yang populer musik keroncong, sehingga nuasanya ada di rekaman-rekaman yang pertama. Versi baru 1950-an dibuat seorang komponis luar negeri yang digunakan hingga sekarang. Komponis Indonesia Adi MS membuat itu, pada 1998 yang sekarang direkam kembali.

“Kami berharap justru ingin untuk memperlihatkan kepada anak-anak bahwa Indonesia luar biasa jika menghayati dari syair-syairnya sangat luar biasa,” kata Farid.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif