Sport
Minggu, 21 Mei 2017 - 19:56 WIB

MOTOGP 2017 : Drama! Rossi Terjatuh di Lap Terakhir, Vinales Juara GP Prancis

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Maverick Vinales (Twitter)

Motogp 2017 diwarnai dengan Maverick Vinales menjuarai GP Prancis.

Solopos.com, LE MANS – Maverick Vinales keluar sebagai juara seri kelima Motogp 2017 di Prancis. Pemabalap Yamaha Movistar itu mengungguli pembalap tuan rumah Johann Zarco, dan pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa.

Advertisement

Dalam balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Le Mans, Minggu (21/5/2017) malam WIB, Johann Zarco yang start dari posisi ketiga langsung tancap gas menyalip Vinales dan Rossi yang start dari posisi pertama dan kedua. Posisi Rossi kemudian turun setelah disalip Marc Marquez.

Namun The Doctor mampu mengambil posisi ketiga lagi tak berselang lama. Hingga menyelesaikan empat putaran, Zarco tetap berada di depan diikuti Vinales, Rossi dan Marquez. Sementara Cal Cructhlow dan Andrea Dovizioso menguntit di posisi selanjutnya.

Pada putaran keenam Vinales mampu menyalip Zarco untuk menduduki posisi terdepan. Pembalap asal Spanyol itu menyalip Zarco dengan cemerlang di tikungan. Sementara Rossi terus menguntit di posisi ketiga.

Advertisement

Satu putaran kemudian, rombongan tiga pembalap terdepan mulai menjauh dari Marquez. Sementara Crutchlow bersaing ketat dengan Dovizioso dan Pedrosa di posisi kelima, keenam dan ketujuh. Pedrosa akhirnya bisa mendahului Dovizioso pada putaran kesemblian.

Pada putaran ke-10, Rossi sempat melebar dan membuat jaraknya dengan Marquez menipis. Sedangkan Pedrosa mampu menyalip Cruthclow di posisi kelima setelah sempat bersenggolan. Saat balapan menyisakan sebelas lap, Marquez justru terjatuh dan tak melanjutkan balapan.

Memasuki putaran ke-19, Vinales masih berada di posisi terdepan. Dia terus dibuntuti Zarco dan Rossi di posisi kedua dan ketiga. Sementara posisi keempat ditempati Pedrosa dan dilanjutkan Dovizioso.

Advertisement

Saat balapan menyisakan 6 putaran lagi, Rossi mampu menyalip Zarco dan mendekati Vinales. Pembalap berjuluk The Doctor itu akhirnya mampu menyalip rekan setimnya tiga lap kemudian.

Namun drama terjadi di putaran terakhir. Rossi yang awalnya memimpin mampu disalip Vinales. Bahkan, jelang beberapa tikungan menuju finis, Rossi justru terjatuh dan gagal melanjutkan balapan. Vinales pun keluar sebagai juara GP Prancis. Di posisi kedua da Zarco dan Pedrosa di peringkat ketiga.

Kemenangan ini membuat Vinales menyalip Rossi di klasemen pembalap Motogp 2017. Vinales mengoleksi 85 poin dari lima balapan yang sudah dijalani.

Hasil 10 besar Motogp Prancis 2017
1. M. Vinales 43 menit 29.793
2. J. Zarco +3.134
3. D. Pedrosa +7.717
4. A. Dovizioso +11.223
5. C. Crutchlow +13.519
6. J. Lorenzo +24.002
7. J. Folger +25.733
8. J. Miller +32.603
9. L. Baz +45.784
10. A. Iannone +48.332

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif