Jateng
Minggu, 21 Mei 2017 - 19:50 WIB

Beras, Gula, dan Minyak Murah Siap untuk Warga Kudus

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi warga antre di salah satu pasar murah, (JIBI/Solopos/Dok.)

Beras, gula, dan minyak goreng murah disiap Pemkab Kudus untuk dibeli warganya menjelang Lebaran 2017.

Semarangpos.com, KUDUSPemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah (Jateng) menyiapkan 18 ton beras dan 18 ton gula yang akan dijual dengan harga murah pada pasar murah yang akan digelar, 13–15 Juni 2017 mendatang.

Advertisement

“Selain menyediakan beras dan gula murah, Pemkab Kudus juga akan menyediakan minyak goreng murah sebanyak 18 ton,” kata Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi dan Perlindungan Konsumen pada Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Imam Prayitno di Kudus, Minggu (21/5/2017).

Ia mengatakan, kegiatan pasar murah tahun ini akan digelar di masing-masing kecamatan untuk pemerataan selama tiga hari yang dimulai Selasa (13/6/2017) hingga Kamis (15/6/2017). Ketiga komoditas kebutuhan pokok masyarakat tersebut, katanya, dijual murah karena disubsidi pemkab masing-masing komoditas senilai Rp3.000.

Adapun anggaran yang disiapkan untuk mendukung kegiatan pasar murah tersebut mencapai puluhan juta. Terkait dengan harga jual masing-masing komoditas, kata dia, untuk beras sekelas beras super rencananya ditawarkan berkisar Rp7.000 per kg dan gula Rp10.000/kg. Sementara itu, harga minyak goreng kemasan, kata dia, rencananya dijual dengan harga Rp11.000 per liternya.

Advertisement

Ia mengatakan, tidak ada model penjualan secara paket, terkecuali untuk beras sudah dalam bentuk kemasan 5 kg, sedangkan gula dan minyak goreng disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. “Tentunya, ada pembatasan pembelian secara maksimal masing-masing pemilik kupon,” ujarnya.

Dengan adanya pasar murah di tingkat kecamatan tersebut, dia berharap, masyarakat di Kudus bisa menikmati komoditas murah tersebut. Selain itu, kegiatan pasar murah tersebut juga untuk meringankan beban masyarakat kurang mampu yang ada di sembilan kecamatan selama bulan puasa.

Nantinya, lanjut dia, masing-masing kecamatan dari sembilan kecamatan yang ada di Kudus akan mendapatkan jatah beras, gula dan minyak goreng secara merata. Untuk menentukan jumlah penerima masing-masing kecamatan, katanya, diserahkan kepada pemerintah kecamatan setempat dengan berkoodinasi dengan pemerintah desa.

Advertisement

Sementara jumlah kupon yang disediakan, disesuaikan dengan stok komoditas yang akan disiapkan dan pembagian kupon tersebut juga diserahkan kepada masing-masing kecamatan untuk menentukan warga yang dinilai kurang mampu. “Kami hanya sebatas menyediakan komoditas yang akan dijual pada kegiatan pasar murah,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif