Jogja
Minggu, 21 Mei 2017 - 18:20 WIB

Banyak Perguruan Tinggi, Kecamatan Depok Paling Rawan Narkoba

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga berfoto dalam Pagelaran Seni Budaya memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2017 di Taman Kuliner Condong Catur, Depok pada Sabtu (20/5/2017) malam. (Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja)

Depok merupakan daerah paling rawan kriminalitas dan penyalahgunaan narkoba di DIY

Harianjogja.com, SLEMAN- Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY menggelar Pagelaran Seni Budaya memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2017 di Taman Kuliner Condong Catur, Depok pada Sabtu (20/5/2017) malam.

Advertisement

Depok dipilih sebagai lokasi acara karena merupakan daerah paling rawan kriminalitas dan penyalahgunaan narkoba di DIY.

Hal tersebut disampaikan oleh Brigjen Pol Mardi Rukmianto, Kepala BNNP DIY usai membuka acara tersebut. “Depok ini pusat perkuliahan dan pendidikan namun juga sangat rawan, acara ini diharapkan bisa menekan angka penyalahgunaan narkoba dari depok hingga menyeluruh ke DIY,” ujarnya kepada wartawan.

Ia menargetkan angka penyalahgunaan narkoba di Depok bisa ditekan semaksimal mungkin.

Advertisement

Berdasarkan data BNNP DIY, saat ini, 2,8% dari 30.000 orang di Depok merupakan pecandu aktif narkoba. Sementara angka normalnya sendiri diklaim sebesar 0,03%.

Angka ini, salah satunya, menjadikan DIY menduduki ranking tertinggi penyahgunaan dan pecandu narkoba di Indonesia. Banyaknya jumlah pelajar dan mahasiswa di DIY dikatakan menjadi salah satu pemicu.

Dari hasil penelitian Pusat Penelitian Kesehatan UI pada Oktober 2016 lalu, diketahui jika jumlah coba pakai narkoba di DIY urutan pertama, mengungguli DKI Jakarta.

Advertisement

Angka pelajar yang pernah pakai narkoba mencapai 6,6% sedangan pelajar setahun pakai mencapai 2,5%. Angak tersebut juga berpotensi mengundang keberadaan bandar narkoba yang ingin meraup keuntungan dari pelajar dan mahasiswa.

Sedikitnya 750 orang menghadiri pagelaran yang diisi oleh salah satu band lokal ternama Jogja, FSTVLST sebagai pemuncak acara. Anak muda yang hadir juga termasuk perwakilan 19 kampus dan 17 SMA/SMK di DIY.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif