Soloraya
Sabtu, 20 Mei 2017 - 05:10 WIB

PERTANIAN BOYOLALI : Harga Sempat Anjlok, Petani Bawang Merah Cepogo Tunda Panen Sebulan

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pekerja di lahan pertanian milik Suyud di Desa Genting, Cepogo, Boyolali, memanen bawang merah, Kamis (18/5/2017). (Akhmad Ludiyanto/JIBI/Solopos)

Pertanian Boyolali, para petani bawang merah di Cepogo menunda panen karena menunggu harga bagus.

Solopos.com, BOYOLALI — Petani bawang merah di Kecamatan Cepogo, Boyolali, menunda panen hingga sebulan karena harga bawang merah turun.

Advertisement

Salah satu petani asal Desa Genting, Cepogo, Suyud, 47, mengatakan panen bawang merah sebenarnya sudah bisa dilakukan sejak pertengahan April. Namun, saat itu harga jual bawang merah dari petani hanya Rp7.000-Rp7.500 per kg.

Dengan nilai jual tersebut dia merasa keuntungannya masih sangat minim, apalagi biaya tanam juga cukup tinggi. “Sebenarnya bawang merah ini sudah bisa dipanen sebulan lalu. Tapi harganya hanya Rp7.000-Rp7.500 per kg. Jadi mendingan ditunda saja sampai harganya bagus,” ujarnya saat dijumpai Solopos.com di lahan pertaniannya, Kamis (18/5/2017).

Setelah menunda sekitar sebulan, penantian Suyud berbuah manis. Harga jual bawang merah naik meskipun tidak sesuai harapan. Saat ini harga jual bawang merah dari petani Rp8.000-Rp9.000 per kg.

Advertisement

“Harapannya sih harga jualnya sampai Rp10.000 per kilogram, tapi Rp8.000-Rp9.000 per kilogram sudah lumayan lah,” kata petani yang memiliki lahan 1.500 meter persegi ini.

Menurutnya, penundaan tersebut tidak berpengaruh terhadap kualitas bawang merah sepanjang pemupukannya lebih banyak menggunakan pupuk organik. “Kualitas tak masalah [tidak turun] karena saya pakai lebih banyak pupuk organik. Pupuk kimianya sedikit sekali,” kata Suyud yang mengelola lahan pertanian perpaduan tanaman bawang merah, wortel, brokoli, dan tembakau.

Sementara itu, petani lain di desa yang sama, Darni, 50, juga melakukan hal yang sama. Menurutnya, dia terpaksa menunda panen bawang merah pada April lalu karena saat itu harga jual kurang bagus.

Advertisement

Menurutnya, ketika dia memutuskan menunda panen hingga Mei juga atas pertimbangan mendekati Ramadan. “Saat ini kan sudah mau masuk Bulan Puasa dan harga bawang merah biasanya naik. Jadi mendingan saya panen sekarang ketika harganya Rp8.000-Rp9.000 per kilogram,” ujarnya saat ditemui di rumahnya.

Dengan harga jual tersebut dia merasa masih untung jika dibandingkan harga bibit senilai Rp28.000 per kilogram ditambah biaya perawatan, pupuk, dan ongkos tenaga. “Lumayan lah bisa menutup biaya bibit sama perawatan,” imbuh dia.

Sementara itu, hasil panen itu biasanya dijual Darmi ke pengepul atau dijual langsung ke pasar-pasar di sekitarnya. “Kalau pas pengepulnya datang ya diambil. Tapi kalau pas saya butuh uang segera ya saya jual sendiri ke pasar,” imbuh Darmi.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif