News
Sabtu, 20 Mei 2017 - 16:00 WIB

Luhut Wakili Jokowi di Pelantikan Presiden Timor Leste

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Luhut Pandjaitan dalam pelantikan Presiden Timor Leste Francisco Guterres, Sabtu (20/5/2017). (www.kemlu.go.id)

Luhut Pandjaitan mewakili Presiden Jokowi menghadiri pelantikan pemimpin Fretilin sebagai Presiden Timor Leste

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah Indonesia yang diwakili Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menghadiri pelantikan Presiden Timor-Leste, Francisco Guterres Lú-Olo.

Advertisement

Berdasarkan keterangan di laman Kementerian Luar Negeri, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Luhut sebagai Utusan Khusus untuk menghadiri pelantikan Presiden Republik Demokratik Timor-Leste di Istana Kepresidenan, Taci Tolu, Dili.

Utusan Khusus mengucapkan selamat atas pelantikan Francisco Guterres Lú-Olo sebagai Presiden RDTL yang baru. Luhut juga menyampaikan undangan dari Presiden Jokowi kepada Presiden Francisco untuk berkunjung ke Indonesia dalam waktu dekat. Dalam pertemuan itu, keduanya menegaskan kembali komitmen untuk meningkatkan kemakmuran rakyat kedua negara dalam semangat persaudaraan.

Francisco Guterres Lú-Olo merupakan Ketua Partai Fretilin yang memenangkan Pilpres dalam satu putaran bulan Maret 2017 dengan perolehan 57% suara dari 8 calon yang bersaing. Ia menggantikan presiden terdahulu, Taur Matan Ruak.

Advertisement

Upacara pelantikan tersebut dihadiri oleh pejabat dan publik Timor-Leste, serta masyarakat internasional pada tingkat Kepala Negara. Tampak hadir PM Mozambique dan Gubernur Jenderal Australia serta para utusan khusus setingkat menteri dari sejumlah negara antara lain China, Laos, Jepang, Thailand, Brazil, dan Angola serta kalangan korps diplomatik.

Upacara pelantikan ini diselenggarakan seperti layaknya pesta rakyat yang ditandai dengan pertunjukan hihuran tidak jauh dari lokasi pelantikan. Lebih dari 1.000 orang menghadiri upacara ini, dan sebagian besar datang dengan berjalan kaki menyusuri kota untuk menikmati pertunjukan musik dan kesenian lainnya yang jarang diadakan di kota ini.

Pada kesempatan terpisah, Luhut juga bertemu dengan Ramos Horta, mantan Presiden Timor-Leste di Dili. Luhut menyampaikan gagasan untuk meningkatkan kerja sama, terutuma dalam bidang penyediaan kesempatan pendidikan keterampilan (vocational training) bagi pelajar Timor-Leste yang ingin belajar di Indonesia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif