News
Jumat, 19 Mei 2017 - 15:12 WIB

Panas! Sukhoi China Cegat Pesawat Tempur AS

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sukhoi Su-30 China (en.airforceworld.com)

Jet tempur Sukhoi milik China mencegat pesawat tempur AS di Laut China Selatan.

Solopos.com, JAKARTA — Dua pesawat tempur Sukhoi Su-30 milik China dilaporkan mencegat pesawat tempur AS. Pihak militer AS menuding aksi pencegatan (intercept) itu tidak profesional.

Advertisement

Jet tempur China tersebut mendekati pesawat AS itu hingga jarak sekitar 45 meter. Saat itu, kata militer AS, pesawat jenis AS WC-135 itu sedang menjalankan misi untuk mendeteksi radiasi di Laut China Selatan, yang masih diklaim sebagai wilayah udara internasional.

Kecurigaan China terhadap aktivitas AS di wilayah perairan internasional telah berulangkali menyebabkan kedua negara bersitegang. “Persoalan ini sedang ditangani secara tepat melalui jalur diplomatik dan militer,” ujar juru bicara angkatan udara AS, Letnan Kolonel Lori Hodge sebagaimana dikutip bbc.com, Jumat (19/5/2017).

AS menuding pencegatan itu tidak profesional lantaran pilot China melakukan manuver dengan kecepatan penuh. “Mereka mendekati pesawat kami,” ujarnya.

Advertisement

Dia menambahkan bahwa penyelidikan militer sedang dilakukan. Pesawat AS tersebut sebelumnya digunakan untuk mendeteksi bukti kemungkinan uji coba nuklir oleh Korea Utara.

Pada Februari lalu, kapal induk AS menggelar operai yang disebut Washington sebagai “operasi rutin” di Laut China Selatan dengan dukungan sejumlah kapal perang. Pengiriman kapal induk itu tetap dilakukan AS meski diprotes China karena dianggap mengingkari kedaulatan Beijing atas wilayah tersebut.

Dan pada Mei 2016, dua pesawat China melakukan pencegatan serupa terhadap pesawat militer AS di atas Laut Cina Selatan. Ketika itu militer AS mengatakan bahwa pesawat pengintai itu melakukan patroli rutin di wilayah tersebut.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif