News
Jumat, 19 Mei 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 19 Mei

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Para pemain Chelsea memamerkan piala Liga Champions UEFA setelah memenangi ajang tersebut pada 2012. (Uefa.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 19 Mei, dihimpun dari berbagai penjuru dunia.

Solopos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 19 Mei. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 19 Mei, demi mengenang beragam peristiwa penting dan bersejarah tersebut:

Advertisement

Jacques Cartier. (History.com)

1535
Penjelajah asal Prancis, Jacques Cartier, melakukan penjelajahan keduanya di kawasan Amerika bagian utara dengan membawa tiga kapal dan 110 awak. Sebelumnya, Cartier mengklaim dirinya sebagai penjelajah pertama yang menginjakkan kaki di Kanada dan mengklaim wilayah Kanada sebagai milik Prancis.

Advertisement

1535
Penjelajah asal Prancis, Jacques Cartier, melakukan penjelajahan keduanya di kawasan Amerika bagian utara dengan membawa tiga kapal dan 110 awak. Sebelumnya, Cartier mengklaim dirinya sebagai penjelajah pertama yang menginjakkan kaki di Kanada dan mengklaim wilayah Kanada sebagai milik Prancis.

1643
Pasukan Prancis berhasil mengalahkan pasukan Spanyol secara telak dalam Pertempuran Rocroi. Kemenangan Prancis pada salah satu pertempuran dalam Perang 30 Tahun itu menandai kemunduran kekuatan militer Spanyol sekaligus menjadi simbol berakhirnya dominasi kekuatan tentara Sapanyol di daratan Eropa.

1848
Pihak Meksiko meratifikasi Perjanjian Hidalgo untuk mengakhiri Perang Meksiko-Amerika Serikat (AS). Dari perjanjian itu, Meksiko harus menyerahkan kawasan California, Nevada, Utah, dan beberapa kawasan lain kepada pihak AS. Sebagai gantinya, Meksiko menerima uang senilai US$15 juta dari AS.

Advertisement

1890
Nguyen Sinh Cung lahir di Nghe An, Indochina Prancis atau kini Vietnam. Ia lantas dikenal luas sebagai tokoh revolusi dan negarawan dengan nama Ho Chi Minh. Demi menghormati jasa-jasanya, nama Ho Chi Minh diabadikan sebagai nama ibu kota Vietnam.

1964
Sebanyak 40 mikrofon rahasia ditemukan tersembunyi di kantor kedutaan Amerika Serikat (AS) di Moskow, Rusia. Pihak Departemen Luar Negeri AS meyakini mikrofon tersebut sengaja dipasang pihak pemerintah Rusia demi menyadap semua percakapan di gedung tersebut.

Andrea Pirlo. (Sportingnews.com)

Advertisement

1979
Andrea Pirlo lahir di Flero, Italia. Kini, ia dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela sebuah klub di Amerika Serikat (AS), New York City. Sebelumnya, Pirlo pernah membela klub besar di Italia, yakni AC Milan dan Juventus. Meski sudah berusia 38 tahun, Pirlo masih menjadi gelandang andalan di Tim Nasional Italia.

1986
Pasukan Afrika Selatan (Afsel) melancarkan beberapa serangan ke Zambia, Zimbabwe dan Botswana dalam upayanya menghancurkan markas-markas organisasi anti-apartheid. Pemerintah Zambia, Zimbabwe, dan Bostwana memang mendukung pembentukan organisasi tersebut demi melemahkan kekuatan politik orang-orang kulit putih di tanah Afrika.

1991
Kroasia mengadakan referendum kemerdekaan untuk memisahkan diri dari Yugoslavia. Dari hasil pemungutan suara yang diperoleh, lebih dari 80% rakyat Korasia memilih memisahkan diri dari Yugoslavia. Kurang lebih sebulan kemudian, pihak Kroasia secara resmi mendeklarasikan kemerdekaannya dari Yugoslavia.

Advertisement

2012
Untuk kali pertama dalam sejarah, klub sepak bola Chelsea menjadi juara dalam kompetisi paling bergengsi di tanah Eropa, yakni Liga Champions UEFA. Chelsea berhasil menjuarai Liga Champions setelah mengalahkan klub raksasa asal Jerman, Bayern Munchen, di babak final secara dramatis melalui adu penalti dengan skor 4-3 setelah bermain imbang 1-1 dalam waktu normal dan perpanjangan waktu.

2013
Dua orang diduga mata-mata dijatuhi hukuman mati dengan cara digantung pada bagian lehernya oleh otoritas Iran. Dua orang tersebut diduga bekerja untuk Israel dan Amerika Serikat (AS) dalam memata-matai program nuklir di Iran. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangops.com)

KLIK DI SINI untuk catatan peristiwa 18 Mei
KLIK DI SINI untuk catatan peristiwa 17 Mei
KLIK DI SINI untuk catatan peristiwa 16 Mei

Advertisement
Kata Kunci : Catatan Peristiwa Catatan Sejarah Dunia Hari Ini Sejarah Dunia
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif