Sport
Kamis, 18 Mei 2017 - 20:25 WIB

Messi Calon Terkuat Peraih Sepatu Emas Eropa

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lionel Messi. (JIBI/REUTERS/Heino Kalis)

Lionel Messi berkesempatan mendapat penghargaan individu.

Solopos.com, BARCELONA – Bintang Barcelona, Lionel Messi, tampil subur pada musim ini. Dia pun menjadi kandidat terkuat peraih penghargaan Sepatu Emas Eropa. Apalagi, kompetisi-kompetisi Eropa kini sudah mendekati fase akhir.

Advertisement

Dikutip dari Dailymail.co.uk, Kamis (18/5/25017), Messi saat ini mengoleksi 35 gol di La Liga Spanyol. Itu artinya, pemain berjuluk La Pulga itu mendapatkan poin 70 di klasemen peraih Sepatu Emas Eropa. Pesaing terdekatnya adalah pemain Sporting Lisbon, Bas Dost, yang sudah mengoleksi 31 gol di Liga Portugal dan mempunyai 62 poin.

Menariknya, kedua pemain sama-sama tinggal menyisakan satu pertandingan lagi di liga. Jika ingin meraih Sepatu Emas Eropa, Bas Dost pun harus berharap Messi tak mencetak gol saat Barcelona menghadapi Eibar di partai pamungkas Liga Spanyol. Sementara dia, harus membuat lima gol saat Sporting menghadapi Chaves, 22 Mei 2017 nanti.

Selain kedua pemain itu, ada pula striker Bayern Munchen, Robert Lewandoeski, yang mempunyai 60 poin setelah mencetak 30 gol di Liga Jerman. Setelah itu ada striker Borussia Dortmund, Pierre Erick Aubameyang dengan 58 poin (29 gol).

Advertisement

Di musim ini, sebenarnya tak hanya Messi yang mampu mencetak 35 gol di liga. Edinson Cavani pun melakukan hal serupa di Liga Prancis bersama Paris Saint Germain. Namun, Cavani hanya mendapatkan 52 poin karena aturan tersendiri.

UEFA telah menetapkan faktor pengali gol berbeda berdasarkan tingkat persaingan liga. Lima kompetisi teratas Eropa (Premier League Inggris, La Liga Spanyol, Bundesliga Jerman, Serie A Italia, dan Premiera Liga Portugal), memiliki faktor pengali 2.  Sebagai contoh, Messi 35 gol dapat 70 poin. Sementara selain lima liga itu nilai pengalinya adalah 1,5, contohnya Cavani yang punya 52,5 poin dari 35 gol yang dicetaknya.

Jika Messi berhasil meraih penghargaan Sepatu Emas Eropa itu, dia akan menyamai rekor Cristiano Ronaldo yang sudah mendapatkannya sebanyak empat kali. Sejauh ini, Messi baru mengoleksi tiga Sepatu Emas Eropa (2009/2010, 2011/2012, dan 2012/2013).

Advertisement

Ronaldo sendiri sangat sulit untuk menyalip Messi di perebutan penghargaan Sepatu Emas Eropa. Pasalnya, bintang Real Madrid itu baru mengoleksi 24 gol di La Liga Spanyol. Penghargaan itu tahun lalu disabet oleh rekan Messi, Luis Suarez, membuat 40 gol di La Liga.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif