Sport
Kamis, 18 Mei 2017 - 05:25 WIB

LIGA INGGRIS : Sengit Hingga Partai Terakhir

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Liverpool vs Arsenal (JIBI/Reuters/Phil Noble)

18Liga Inggris diwarnai persaingan ketat menuju empat besar.

Solopos.com, LONDON — Penentuan posisi empat besar Liga Premier Inggris musim ini akan ditentukan pada hari terakhir. Manchester City, Liverpool, dan Arsenal bersaing sengit untuk memperebutkan dua kursi tersisa di empat besar sebagai syarat lolos ke Liga Champions musim depan. Siapakah yang berhasil?

Advertisement

City dan Arsenal tidak menyia-nyiakan kesempatan menambah tiga poin pada matchday ke-37 mereka masing-masing, Rabu (17/5/2017) dini hari WIB. The Citizens, julukan City, menaklukkan West Bromwich 3-1 di Stadion Etihad. Sedangkan beberapa menit sebelumnya, Arsenal membungkam Sunderland 2-0 di Emirates Stadium.

Kini, City yang mengoleksi 75 poin, Liverpool dengan 73 poin, dan Arsenal  yang mengantogi 72 poin  sama-sama tinggal menyisakan satu laga di musim ini. Pertandingan penutup itu akan dimainkan serentak, Minggu (21/5/2017). The Citizens akan turun di kandang Watford, Liverpool bakal menjamu Sunderland, dan Arsenal meladeni Everton di kandang.

Final day alias hari terakhir itu akan menentukan siapakah dua tim yang bakal mendampingi Chelsea dan Tottenham Hotspur yang sudah mengunci tiket ke Liga Champions 2017/2018. The Citizens memiliki peluang paling besar untuk menyegel satu dari dua tiket ke Liga Champions tersebut. Kemenangan atas West Brom membuat mereka kembali ke posisi ketiga klasemen menggeser Liverpool.

Advertisement

Namun, City hanya berjarak dua poin dari Liverpool dan tiga poin atas Arsenal yang masing-masing bertengger di peringkat keempat dan kelima. Tak pelak, segala kemungkinan masih bisa terjadi. Sebab, selisih poin ketiganya tidak terpaut jauh, hanya dalam rentang tiga poin. Apalagi, selisih gol dan produktivitas memasukkan gol di antara ketiga tim tersebut tidak berbeda jauh.

Dalam aturan Liga Inggris, jika dua tim atau lebih finis dengan poin yang sama, selisih gol yang sama, dan koleksi memasukkan gol yang sama, maka diperlukan laga play-off sebagai penentuan. Laga paly-off semacam ini bukan saja untuk menentukan siapakah yang berhak lolos ke Liga Champions atau Liga Europa musim berikutnya. Play-off dipakai juga untuk mementukan juara dan tim-tim yang terdegradasi.

Seperti dilansir bbc.com, pertandingan play-off itu akan dimainkan di tempat netral.

Advertisement

Musim lalu, Liverpool dan West ham United nyaris menorehkan rekor identik tersebut untuk memastikan lolos ke Liga Europa. Tapi, skenario tersebut tidak terwujud sampai hari penutup musim.

Arsenal memiliki peluang paling tipis mengunci empat besar Liga Inggris musim ini karena nasib mereka akan tergantung hasil City dan Liverpool di final day. Tapi The Gunners tetap optimistis. Arsenal memiliki tren apik menuju final day.

“Kami mengantongi 71 poin dan finis kedua [pada musim lalu]. Sekarang kami sudah punya 72 poin dan ingin menambah menjadi 75 poin. Kami sudah berulang kali menjalani final day. Sunderland akan berjuang dan  ini yang Anda inginkan di Liga Premier, itu apa yang diinginkan setiap tim,” jelas Manajer Arsenal, Arsene Wenger.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif