News
Kamis, 18 Mei 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 18 Mei

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto dokumentasi pendudukan mahasiswa di Gedung MPR-DPR di Jakarta, 1998. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 18 Mei, menyajikan peristiwa penting dan bersejarah di berbagai penjuru dunia.

Solopos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang dari tahun ke tahun pada hari ke-138—hari ke-139 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 18 Mei. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut ini Solopos.com merangkum beragam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 18 Mei:

Advertisement

1803
Inggris membatalkan perjanjian damai dengan Prancis yang disebut dengan Perjanjian Amiens sekaligus menyatakan perang terhadap Prancis. Peristiwa itu memicu Perang Era Napoleon yang melibatkan beberapa nagara lainnya di Eropa.

Lukisan ilustrasi Perang Era Napoleon. (Wikimedia.org)

Advertisement

Lukisan ilustrasi Perang Era Napoleon. (Wikimedia.org)

Tsar Nicholas II bersama keluarganya. (Express.co.uk)

1804
Napoleon Bonaparte naik takhta menjadi kaisar di Prancis. Selama menjadi kaisar, Napoleon memiliki pengaruh besar terhadap persoalan-persoalan di Eropa selama lebih dari satu dekade, terutama dalam Perang Era Napoleon.

Advertisement

1940
Setelah berhasil menguasai Kota Brussels, Jerman terus berusaha menguasai semua kawasan di Belgia dengan menyerang Kota Antwerp. Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt meminta produsen pesawat tempur di negaranya untuk meningkatkan produksi demi menghentikan keganasan Jerman dalam Perang Dunia II.

1974
India berhasil melaksanakan uji coba bom nuklir untuk kali pertama. Kebershasilan itu menjadikan India sebagai negara keenam yang memiliki kekuatan nuklir setelah Amerika Serikat (AS), Uni Soviet, Inggris, Tiongkok, dan Prancis.

Ledakan Gunung Saint Hellen di Washington, Amerika Serikat (AS), 1980. (Oregonlive.com)

Advertisement

Mahamadou Diarra saat bermain untuk Real Madrid. (Alchetron.com)

1980
Gunung Saint Helens di Washington, Amerika Serikat (AS) meletus dan memuntahkan lava setinggi 1.300 kaki dari mulut kawah. Peristiwa itu menewaskan sembilan orang dan 48 lainnya hilang. Letusan Gunung Saint Hellen juga menyebabkan hujan abu tebal di kawasan Washington yang menyebabkan beberapa kawasan di negara bagian tersebut tak terkena sinar matahari.

1981
Mahamadou Diarra lahir di Bamako, Mali. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Spanyol, Real Madrid, selama lima tahun. Setelah kontraknya di klub Inggris, Fulham, habis pada 2013 lalu, Diarra belum lagi mendapatkan klub meski ia belum menyatakan gantung sepatu.

Advertisement

1991
Astronot wanita asal Inggris, Helen Sharman, meluncur ke luar angkasa menggunakan pesawat ulang-alik milik Uni Soviet, Soyuz TM-12. Terbangnya Sharman itu sekaligus menjadikan dirinya sebagai orang pertama asal Inggris yang berhasil mencapai luar angkasa.

1998
Pada ujung dari rangkaian demonstrasi besar-besaran di Indoensia, ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia berhasil menerobos masuk ke Gedung DPR/MPR di Jakarta. Hal tersebut adalah kali pertama mahasiswa berhasil menduduki Gedung DPR/MPR.

2006
Perdana Menteri Italia yang baru terpilih, Romano Prodi, mencela keterlibatan pasukan Italia dalam perang di Irak. Selain itu, Prodi juga menyatakan segera menarik pasukannya dalam perang di Irak yang sudah melibatkan Italia sejak 2003. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangops.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa 17 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa 16 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa 15 Mei

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif