Jateng
Rabu, 17 Mei 2017 - 15:50 WIB

PENATAAN KOTA SEMARANG : Asyik, Kawasan Kota Lama Bakal Lebih Adem, Ini Penyebabnya...

Redaksi Solopos.com  /  Imam Yuda Saputra  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Beberapa bibit pohon pule tampak ditanam di kawasan Kota Lama, Semarang, Selasa (16/5/2017). Penanaman pohon itu membuat kawasan Kota Lama akan menjadi lebih sejuk. (JIBI/Semarangpos.com/Imam Y.S.)

Penataan dilakukan Pemkot Semarang di kawasan Kota Lama.

Semarangpos.com, SEMARANG – Kawasan Kota Lama, Semarang, bakal lebih sejuk beberapa hari ke depan. Hal ini dikarenakan terobosan baru yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dalam segi penataan di kawasan yang menjadi cagar budaya itu.

Advertisement

Pemkot Semarang melakukan penataan agar kawasan Kota Lama lebih indah dan nyaman bagi pengunjung dengan melakukan penanaman sejumlah pohon. Pohon yang ditanam merupakan jenis pule yang mampu menghasilkan daun hingga lebat hanya dalam waktu satu-dua bulan.

Pantauan Semarangpos.com, Selasa (16/5/2017) di kawasan Kota Lama, belasan pohon pule itu ditanam di sejumlah titik mulai dari depan Jembatan Berok hingga depan Gedung Samudera Indonesia.

Salah seorang pekerja yang melakukan penanaman, Suhartono, menyebutkan penanaman pohon itu dilakukan selama tiga hari mulai Senin-Rabu (15-17/5/2017).  “Total ada 20 batang pohon yang ditanam. Saya kurang tahu alasannya. Kalau dari atasan yang memerintah kami, katanya buat penghijauan agar Kota Lama lebih adem,” tutur Suhartono saat disambangi Semarangpos.com, Selasa siang.

Advertisement

Menurut Suhartono pohon pule dipilih sebagai tanaman yang menghiasi Kota Lama karena memiliki berbagai khasiat, seperti mengobati penyakit asam urat. Selain itu, daun pohon pule juga cepat tumbuh dalam kondisi apa pun.

“Jadi memang sengaja yang ditanam dalam bentuk pohon tanpa daun karena daunnya juga cepat tumbuh. Mungkin satu-dua bulan pohonnya sudah rindang. Selain itu, akarnya juga kecil-kecil tapi kuat, sehingga tidak akan merusak paving block di Kota Lama,” ujar Suhartono.

Terpisah, Anggota Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L), Tjahjono Harjo, menyebutkan penataan kawasan Kota Lama di Semarang dengan cara penanaman pohon bertujuan untuk memperindah jalur pedestrian sekaligus memperluas ruang terbuka hijau.

Advertisement

Selain di kawasan Kota Lama, penanaman pohon pule juga dilakukan Pemkot Semarang di ruas Jl. Empu Tantular. “Titik penanaman pohon di Jl. Empu Tantular dilakukan di sepanjang bantaran Kali Semarang,” beber Tjahjono.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif