News
Rabu, 17 Mei 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 17 Mei

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kapal frigat Amerika Serikat, USS Stark, terlihat miring setelah dihajar rudal oleh pesawat Mirage F1 milik AU Irak. (Bluebird-electric.net)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 17 Mei, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Solopos.com, SOLO – Terjadi sejumlah peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 17 Mei. Demi mengenangnya, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 17 Mei, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Advertisement

1395
Pasukan Wallachia berhasil mengalahkan Pasukan Kekaisaran Ottoman yang hendak menginvasi Wallachia dalam Pertemuran Rovine. Kini, Wallachia adalah bagian dari Rumania.

1809
Napoleon Bonaparte memerintahkan pasukannya untuk menginvasi negara-negara kepausan. Invasi itu dimaksudkan untuk menjadikan negara-negara kepausan sebagai bagian dari Kekaisaran Prancis.

Advertisement

1809
Napoleon Bonaparte memerintahkan pasukannya untuk menginvasi negara-negara kepausan. Invasi itu dimaksudkan untuk menjadikan negara-negara kepausan sebagai bagian dari Kekaisaran Prancis.

1869
Pasukan Kekaisaran Jepang mengalahkan sisa-sisa pasukan Keshogunan Tokugawa dalam Pertempuran Hokodate. Kemenangan pasukan Kekaisaran Jepang itu sekaligus menjadi tanda berakhirnya Perang Boshin yang sudah berlangsung lebih dari setahun

1974
Sebuah bom mobil meledak di Kota Dublin, Irlandia saat jam sibuk dan banyak orang berlalu-lalang. Ledakan itu menewaskan 29 orang dan melukai 100 lainnya. Tak ada satu pun tuduhan mengenai orang yang bertanggung jawab atas peristiwa tersebut sehingga memunculkan sejumlah teori konspirasi.

Advertisement

Chun Doo-hwan. (Koogle.tv)

1940
Jerman berhasil menduduki Kota Brussels, Belgia. Selama diduduki Jerman, Kota Brussels mengalami kerusakan parah karena dibombardir pasukan Sekutu yang ingin mengalahkan Jerman dalam Perang Dunia II.

1980
Petinggi militer Korea Selatan (Korsel) Chun Doo-hwan yang telah mengambil alih kekuasaan di negara tersebut menyatakan keadaan darurat militer demi menekan gelombang unjuk rasa yang dilakukan para mahasiswa. Unjuk rasa mahasiswa itu dilakukan untuk memprotes kudeta yang dilakukan Chun Doo-hwan terhadap pemerintahan Presiden Choi Kyu-hah.

Advertisement

1983
Amerika Serikat (AS), Israel, dan Lebanon menandatangani sebuah perjanjian. Dalam perjanjian itu disebutkan Israel harus menarik pasukannya dari konflik di Lebanon.

Sambutan kaum homoseksual AS atas penghapusan homoseksual sebagai penyakit oleh WHO, 17 Mei 1990. (Historyheadlines.com)

Kerusakan kapal frigat Amerika Serikat, USS Stark, setelah dihajar rudal oleh pesawat Mirage F1 milik AU Irak. (Ausairpower.net)

Advertisement

1987
Pesawat tempur Irak menembakkan rudal ke arah kapal perang milik Amerika Serikat (AS), USS Stark. Peristiwa yang terjadi pada Perang Iran-Irak itu menewaskan 37 orang dan melukai 21 awak kapal.

1990
Majelis Umum World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia menghapus homoseksual dari daftar penyakit kejiwaan. Homoseksual adalah rasa ketertarikan seseorang kepada orang lain dari jenis kelamin yang sama.

1992
Demonstrasi besar-besaran di Thailand demi menggulingkan Perdana Menteri Suchinda Kraprayoon dimulai di Bangkok. Demonstrasi itu lantas berlangsung selama tiga hari dan menyebabkan 52 orang meninggal dan ratusan korban luka. Lebih dari 3.500 yang mengikuti demonstrasi juga ditangkap pihak militer. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 16 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 15 Mei
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 14 Mei

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif