Teknologi
Selasa, 16 Mei 2017 - 15:32 WIB

Serangan Ransomware Wannacry Diduga Terkait Korea Utara

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Serangan ransomware wannacry terhadap jaringan internet di puluhan negara diduga terkait perusahaan Korea Utara.

Solopos.com, JAKARTA — Para peneliti kejahatan siber menemukan bukti teknis bahwa serangan ransomware wannacry yang menyerang lebih dari 300.000 komputer di 150 negara sejak Jumat (12/5/2017) lalu diduga terkait dengan perusahaan Korea Utara.

Advertisement

Perusahaan keamanan siber Symantec (SYMC.O) dan Kaspersky Lab menyatakan bahwa sejumlah kode pada versi awal piranti lunak WannaCry muncul dalam program yang digunakan Lazarus Group. Nama ini disebut para peneliti sebagai perusahaan peretas milik Korea Utara.

“Ini merupakan isyarat terkuat yang kami lihat sejauah ini terkait asal-muasal WannaCry,” ujar peneliti Kaspersky Lab, Kurt Baumgartner sebagaimana dikutip Reuters, Selasa (16/5/2017).

Kendati demikian, kedua perushaan itu menyatakan bahwa terlalu dini untuk berspekulasi apakah Korea Utrara terlibat dalam serangan itu. Analisa itu berdasarkan bukti yang dipublikasikan lewat Twitter oleh peneliti keamanan Google, Neel Mehta.

Advertisement

Serangan siber itu, yang mulai melemah sejak kemarin, termasuk di antara serangan tercepat berdasarkan catatan yang ada. Penelitian itu akan diikuti secara seksama oleh sejumlah lembaga penegak hukum di seluruh dunia termasuk Washington.

Penasihat keamanan dalam negeri Presiden AS Donald Trump menyatakan baik negara luar maupaun penjahat siber sangat mungkin sebagai pelaku kejahatan itu.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Ransomware Wannacry
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif