News
Selasa, 16 Mei 2017 - 07:00 WIB

KISAH UNIK : Idap Penyakit Aneh, Gadis Ini Bisa Rasakan Makanan Lewat Kata-Kata

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kathryn Jackson (Mirror.co.uk)

Kisah unik kali ini tentang gadis pengidap penyakit aneh yang membuatnya bisa merasakan makanan hanya lewat kata-kata.

Solopos.com, SOLO – Kathryn Jackson, 22, seorang gadis asal Inggris, mengidap penyakit aneh yang berhubungan dengan indera pengecap dan pendengaran. Ia selalu ingin memakan sesuatu setelah mendengar kata tertentu diucapkan. Misalnya, ia selalu memakan wortel setelah mendengar nama Rorry. Ia juga selalu makan isian roti daging seusai mendengar kata impossible.

Advertisement

Kondisi tersebut terjadi lantaran Kathryn didiagnosis mengidap lexical gustatory synaesthesia. Kelainan itu membuatnya mencium dan merasakan makanan secara tiba-tiba setiap kali mendengar kata tertentu diucapkan.

Kelainan itu membuat mahasiswi periklanan di University of Lincoln, Inggris, ini selalu mengalami gangguan berkomunikasi secara lisan. Sebab, beberapa kata yang didengar membuatnya langsung merasakan atau mencium aroma makanan. Ia bahkan bisa merasakan tekstur makanan hanya dengan mendengar kata tertentu.

“Aku bisa merasakan suatu makanan hanya dengan mendengar atau melihat kata tertentu. Misalnya, saat saya mendengar seseorang menyebut nama Lolla, maka saya akan langsung merasakan permen lolipop. Sementara nama Ella membuatku merasakan jeli,” tutur Kathryn seperti dilansir Mirror, Jumat (12/5/2017).

Advertisement

Kathryn mengatakan kelainan itu dialami sepanjang hidupnya. Namun, baru-baru ini ia merasakan dampak yang luar biasa dari kondisi tersebut.

“Sebelumnya aku tidak sadar kalau mengidap kelainan ini. Padahal, dokter mengatakan aku akan mengalami kondisi ini sepanjang hidup,” sambung dia.

Kendati demikian, Kathryn tetap bersyukur dengan kondisinya. Ia bahkan tidak pernah mengeluh lantaran keadaannya berbeda dengan orang lain.

Advertisement

“Aku memang berbeda dengan yang lain. Tapi, aku tidak pernah sedih atau menyesal. Perbedaan ini justru membuatku jadi istimewa. Teman-teman justru memintaku menyebutkan wujud makanan dari nama mereka,” pungkasnya. 

 

Advertisement
Kata Kunci : Kisah Tragis Kisah Unik
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif