Sport
Senin, 15 Mei 2017 - 14:25 WIB

FORMULA ONE 2017 : Menangi GP Spanyol, Hamilton Dekati Vettel

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lewis Hamilton (JIBI/REUTERS/Juan Medina)

Formula One 2017 diwarnai dengan Lewis Hamilton yang memangi GP Spanyol.

Solopos.com, BARCELONA — Mercedes sekali lagi mempecundangi Ferrari dalam hal kecepatan mobil. Kesenjangan kemampuan mesin ini menjadi pembeda saat Lewis Hamilton menjuarai GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Minggu (14/5/2017) malam WIB.

Advertisement

Sempat memimpin hingga separuh lebih balapan, mobil Ferrari yang dikemudikan Sebastian Vettel harus mengakui kecepatan Mercedes milik Lewis Hamilton. Dengan kemenangan tersebut, Hamilton menipiskan jarak dari Vettel di pucuk klasemen menjadi hanya enam poin.

GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Barcelona, bisa dibilang menjadi akhir pekan sempurna bagi Hamilton mengingat hasil positif yang dia dapat sejak latihan bebas. Dari latihan bebas pertama hingga hari H balapan, pembalap Inggris ini mendominasi sebagai yang tercepat. Hamilton hanya kecolongan sekali yakni dari Kimi Raikkonen di latihan bebas ketiga.

Seusai balapan, Hamilton langsung memberikan apresiasi pada timnya. Hal ini menyusul hasil kurang baik di GP Rusia di mana Hamilton hanya finis di posisi keempat. “Kerja yang luar biasa akhir pekan ini! Semua sesuai strategi,” ujarnya seperti dilansir Crash, Minggu.

Advertisement

Balapan Formula 1 (F1) seri kelima di Spanyol berlangsung menegangkan sejak start. Hamilton yang menempati pole position harus rela disalip Vettel di lap pertama. Rivalitas kedua pembalap ini makin menggila saat memasuki putaran ke-37. Vettel yang baru saja keluar dari pit muncul di trek berdampingan dengan Hamilton. Sempat terjadi kontak di tikungan pertama, Vettel akhirnya sukses mengungguli Hamilton di pertarungan tersebut.

Namun di lap ke-44 Hamilton giliran mengambil alih posisi satu dengan memanfaatkan zona lintasan lurus di garis start. Perbedaan kecepatan antara Mercedes dan Ferrari terlihat jelas di momen ini. Setelah overtake tersebut, Hamilton kian tak tertahankan untuk menjuarai balapan. “Tidak ada harapan,” ujar Vettel kepada Ferrari soal defisit kecepatan mobilnya dengan Mercedes.

Di sisi lain, partner Hamilton, Valtteri Bottas harus tersingkir di tengah balapan karena problem mekanis. Nasib Kimi Raikkonen dan Max Verstappen lebih sial karena mereka harus crash di lap pertama. Di balapan kemarin pembalap Force India Esteban Ocon meraih hasil terbaik sepanjang kariernya dengan finis di urutan lima. Eks rekan Rio Haryanto yang kini bersama Sauber, Pascal Wehrlein, juga tampil impesif dengan meraih peringkat tujuh.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif