News
Minggu, 14 Mei 2017 - 15:00 WIB

Tambah Sibuk, Maskapai Tambah Jadwal Terbang ke Solo

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pesawat maskapai penerbangan Citilink (JIBI/Solopos/Dok.)

Sejumlah maskapai akan menambah jadwal penerbangan ke Solo menjelang Lebaran 2017.

Solopos.com, SOLO — Sejumlah maskapai berencana menambah jumlah frekuensi penerbangan dari dan ke Solo saat masa angkutan Lebaran 2017. Saat Lebaran, jumlah penumpang naik signifikan yang diprediksi mencapai 10% jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Advertisement

Sales Representatif Citilink, Cahyo Katon, menyampaikan selama masa angkutan Lebaran akan ada satu penambahan jadwal yang direncanakan dioperasikan pukul 16.30 WIB. Dengan adanya penambahan jadwal ini, selama Lebaran, maskapai low cost carrier (LCC) ini akan menghubungkan Solo Adi Soemarmo-Halim Perdana Kusuma lima kali sehari karena telah memiliki jadwal reguler penerbangan empat kali sehari.

“Menurut rencana extra flight akan dioperasikan sebelum hingga sesudah Lebaran. Pekan depan baru akan kami ajukan izinnya ke otoritas bandara dan Kementerian Perhubungan. Prediksi jumlah penumpang tahun ini lebih banyak jika dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu,” ujar Katon kepada Solopos.com, Sabtu (13/5/2017).

Saat ini sudah cukup banyak konsumen yang mulai memesan tiket untuk masa angkutan Lebaran. Hingga Jumat (12/5/2017), tercatat load factor untuk masa angkutan Lebaran telah mencapai 50%-60%. Jumlah ini akan terus bertambah karena biasanya semakin mendekati Lebaran, permintaan akan semakin tinggi.

Advertisement

Jumlah penumpang menjelang Ramadan ini tidak ada kenaikan signifikan meski di Soloraya ada tradisi nyadran. Hal ini karena bulan lalu sudah banyak long weekend sehingga tidak banyak masyarakat yang bepergian di bulan ini.

Sementara itu, General Manager Garuda Indonesia Branch Office Solo, Aryo Wijoseno, menyampaikan perusahaan pelat merah ini akan tidak hanya akan menambah jadwal penerbangan tapi beberapa jadwal juga akan menggunakan pesawat berbadan lebar. Extra flight akan dilakukan dengan menggunakan pesawat jenis Boeing 737 dengan kapasitas sekitar 162 kursi sedangkan wide body menggunakan pesawat Airbus A330 berkapasitas 360 kursi.

“Penambahan jadwal dan pengoperasionalan pesawat berbadan lebar supaya pelanggan dapat berlebaran dan bertemu keluarga dengan nyaman dan aman,” imbuhnya.

Advertisement

Solo menjadi salah satu dari sembilan rute domestik yang akan ada penambahan kursi selama masa angkutan Lebaran. VP Corporate Coomunications Garuda Indonesia, Benny S. Butarbutar, mengatakan peak season Lebaran ini menyiapkan 61.324 kursi tambahan untuk mengantisipasi kenaikan jumlah penumpang rute domestik maupun internasional pada 16 Juni-9 Juli (H-10-H+14).

Menurut dia, akan ada 348 frekuensi penerbangan tambahan yang terdiri atas 188 penerbangan tambahan dan 160 penerbangan menggunakan bigger aircraft. Penambahan kapasitas ini meningkat sekitar 87,24% jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif