News
Minggu, 14 Mei 2017 - 11:30 WIB

Pecat Direktur FBI, Donald Trump Diprediksi segera Dimakzulkan

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Donald Trump berpidato saat inaugurasi Presiden AS, Jumat (20/1/2017) waktu setempat. (JIBI/Reuters/Yuri Gripas)

Presiden AS Donald Trump diprediksi segera dimakzulkan setelah keputusannya memecat Direktur FBI.

Solopos.com, WASHINGTON — Seorang sejarawan yang pernah memprediksi Donald Trump memenangkan Pemilu AS November tahun lalu, Allan Lichtman, menyatakan pemecatan Direktur FBI James Comey jauh lebih serius ketimbang skandal Watergate. Menurutnya, saat ini sudah cukup alasan untuk menjatuhkan Trump lewat pemakzulan atau impeachment.

Advertisement

Profesor sejarah di American University itu terkenal di seantero AS karena berulang kali tepat memprediksi hasil Pemilu AS sejak November 1984. Dia juga penulis buku berjudul The Case for Impeachment. “Bisa dikatakan dia kini dapat dimakzulkan,” kata Lichtman kepada Newsweek, Sabtu (13/5/2017).

“Bisa dikatakan dia telah menghambat proses hukum dan telah melanggar klausa gaji [berkaitan dengan penerimaan hadiah dari pemerintah asing]. Saya tidak bilang dia mesti dimakzulkan saat ini juga, saya menyerukan penyelidikan untuk pemakzulan,” kata dia.

Pemecatan Comey terjadi di tengah penyelidikan FBI atas dugaan intervensi Rusia dalam Pemilu AS 2016 dan kemungkinan persekongkolan Rusia dengan tim Trump. Namun, Gedung Putih berdalih bahwa pemecatan Comey dilakukan bverdasarkan rekomendasi Wakil Jaksa Agung Rod Rosenstein. Alasan rekomendasi itu adalah cara penanganan Comey dalam investigasi server email pribadi Hillary Clinton.

Advertisement

“Mana kala saya memutuskan lakukan saja, saya bicara pada diri sendiri, saya katakan, ‘Anda tahu, masalah Rusia dengan Trump ini telah dibesar-besarkan, ini dalih Demokrat karena kalah pada Pemilu yang tak seharusnya mereka menangkan’,” kata Trump kepada NBC News, Kamis lalu.

Trump mengatakan segera menunjuk Direktur FBI yang baru. Dia mengatakan kepada para wartawan bahwa ia bahkan sudah bisa mengambil keputusan tentang siapa yang akan mengisi posisi James Comey untuk memimpin FBI sebelum berangkat untuk lawatan pertamanya ke luar negeri sebagai presiden pekan depan.

“Bahkan itu mungkin saja,” kata Trump di pesawat kepresidenan AS Air Force One yang bertolak menuju Lynchburg, Virginia. Di kota itu, ia akan menyampaikan pidato wisuda.

Advertisement

“Menurut saya, prosesnya akan berjalan cepat,” ujar Trump. Ia menambahkan bahwa calon-calon yang sedang dipertimbangkan untuk menjadi direktur FBI sebagian besar adalah sosok-sosok terkenal.

“Pada dasarnya, mereka telah diperiksa sepanjang hidupnya. Mereka adalah orang-orang yang sangat dikenal, sangat dihormati, dan benar-benar berbakat. Dan itu yang kita inginkan untuk FBI.”

Reuters melaporkan bahwa seorang pejabat Gedung Putih mengatakan Trump sedang mempertimbangkan 11 tokoh untuk menggantikan Comey. Mereka di antaranya Pejabat pelaksana Direktur FBI Andrew McCabe, Senator Partai Republik John Cornyn, Hakim Pengadilan Banding New York Michael Garci, dan mantan Asisten Jaksa Agung Alice Fisher.

Advertisement
Kata Kunci : Direktur FBI Donald Trump
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif