News
Sabtu, 13 Mei 2017 - 11:00 WIB

UJIAN SEKOLAH 2017 : Disdik Solo Tak Sediakan Naskah Soal Berhuruf Braille, Ini Sebabnya

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Solopos/Dok)

Ujian sekolah untuk SD dan madrasah dilaksanakan mulai Senin 15/5/2017).

Solopos.com, SOLO — Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo tidak menyiapkan naskah soal Ujian Sekolah/Madrasah (US/M) 2017 dalam huruf Braille. Sementara itu, naskah soal US/M 2017 telah tiba di Kantor Disdik Kota Solo, Jumat (12/5/2017), sekitar pukul 09.00 WIB.

Advertisement

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) SD Disdik Kota Solo, Wahyono, tidak ada permintaan dari sekolah-sekolah inklusi terkait penyediaan naskah soal dalam huruf Braille bagi siswa tunanetra.

“Tahun ini kebetulan tidak ada sekolah inklusi di Solo yang mengajukan permohonan penyediaan naskah soal dalam huruf Braille kepada kami,” ungkapnya saat dimintai konfirmasi, Jumat.

Advertisement

“Tahun ini kebetulan tidak ada sekolah inklusi di Solo yang mengajukan permohonan penyediaan naskah soal dalam huruf Braille kepada kami,” ungkapnya saat dimintai konfirmasi, Jumat.

Wahyono menambahkan naskah soal dalam huruf Braille untuk siswa sekolah dasar luar biasa (SDLB) kemungkinan ada. Namun lantaran pengelolaan SLB saat ini menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Wahyono mengaku tidak tahu-menahu detailnya.

Lebih lanjut dia menerangkan ada peserta US/M di beberapa sekolah inklusi yang akan didampingi guru pendamping. Peserta berkebutuhan khusus, bisa mengikuti ujian satu ruang dengan peserta lain, tapi bisa pula di ruang terpisah.

Advertisement

Di Kantor Disdik, naskah soal US/M utama untuk tiga mata pelajaran, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tersebut, kemudian langsung didistribusikan ke UPT Disdik di masing-masing kecamatan, Jumat siang.

Pengambilan naskah soal oleh setiap sekolah dilakukan di masing-masing UPT tersebut setiap harinya, mulai Senin (15/5/2017), sesuai jadwal mapel yang diujikan.

“Jadi untuk pengambilan naskah soal nanti mulai Senin hingga selesai dilakukan di UPTD masing-masing kecamatan. Proses dimulai pukul 06.00 WIB dan naskah soal harus sudah terdistribusi di sekolah maksimal pukul 07.00 WIB karena ujian akan dimulai pukul 08.00 WIB,” tegasnya.

Advertisement

Jumlah naskah soal, lanjut Wahyono, dipersiapkan sesuai kebutuhan peserta di masing-masing sekolah. Meskipun tidak merinci jumlah boks yang diterima panitia lokal, dia memastikan naskah soal cadangan sudah tersedia bersamaan dengan naskah soal utama.

“Sebab boks-boks yang kami terima, terdiri atas boks yang berisi 21 lembar, 15 lembar, 10 lembar, dan 5 lembar. Kalau masing-masing ruang ada 20 peserta, setidaknya tersedia 1 naskah soal cadangan,” jelas dia.

Jumlah peserta US/M di Solo tahun 2017 tercatat ada 10.444 siswa dari 252 SD dan MI. Sesuai Prosedur Operasional Standar (POS) US/M 2017, mata pelajaran (mapel) yang diujikan mulai Senin hingga Rabu, masing-masing Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif