Soloraya
Sabtu, 13 Mei 2017 - 12:23 WIB

Naskah Soal Tiba, 14.300 Siswa SD/MI di Sragen Siap Ikuti UAS

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas Satpol PP dan polisi mengawasi proses distribusi soal UAS dari percetakan kepada panitia UAS di halaman Disdikbud Sragen, Sabtu (13/5/2017). (Tri Rahayu/JIBI/Solopos)

UAS untuk SD/MI dilaksanakan mulai Senin depan.

Solopos.com, SRAGEN — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sragen telah menerima naskah soal ujian akhir sekolah (UAS) yang nantinya didistribusikan kepada 633 sekolah pada hari H. Soal UAS itu dicetak oleh PT Teguh Karya.

Advertisement

Puluhan lembar soal itu dikirim ke Disdikbud Sragen dengan menggunakan truk boks berpelat nomor AD 1382 UA. Truk boks tersebut tiba di halaman Disdikbud Sragen pada Sabtu (13/5/2017) pukul 08.00 WIB.

Mulai Senin (15/5/2017) hingga Rabu (17/5/2017), sebanyak 14.300 siswa sekolah dasar (SD) dan madrasah ibtidaiyah (MI) negeri/swasta se-Kabupaten Sragen bakal mengikuti ujian akhir sekolah/madrasah.

Kedatangan soal UAS itu disambut para pejabat Disdikbud Sragen, seperti Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdikbud Sragen Suharto didampingi Sekretaris Disdikbud Sragen Suwardi dan Kepala Bidang Pembinaan SD Disdikbud Sragen Kusmanto. Perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Sragen dan Dewan Pendidikan Sragen juga turut menyaksikan pembukaan segel itu.

Advertisement

Sekretaris Disdikbud Sragen Suwardi mewakili Disdikbud membuka segel truk boks tersebut secara simbolis yang disaksikan perwakilan aparat dari Polres Sragen dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sragen.

“Panitia sudah menyiapkan segala perlengkapan untuk UAS. Ruang yang digunakan nanti sebanyak 1.003 ruang di 633 sekolah. Sebanyak 2.006 orang pengawas juga dikerahkan untuk mengawasi secara silang proses UAS yang diikuti 14.300 anak SD dan MI,” ujar Kusmanto saat ditemui solopos.com di Disdikbud Sragen, Sabtu siang.

Kusmanto menjelaskan mata pelajaran yang diujikan dalam UAS meliputi bahasa indonesia, matematika, dan ilmu pengetahuan alam (IPA). Hasil UAS itu, kata dia, menjadi syarat kelulusan siswa SD/MI. Dia mengatakan standar kelulusan siswa setiap sekolah berbeda-beda dan penentuannya diserahkan kepada sekolah masing-masing.

Advertisement

Kusmanto menyampaikan soal UAS dibuat oleh pemerintah pusat dan pemerintah provinsi dengan proporsi pemerintah pusat 25% dan provinsi 75%.

Terpisah, Kepala SDN 1 Girimargo, Miri, Samin, sudah menyiapkan 50 siswa kelas VI yang akan mengikuti UAS mulai Senin besok. Samin menyampaikan untuk persiapan UAS para guru sudah memberi tambahan jam pelajaran bagi siswa kelas VI pada sore hari.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif