News
Sabtu, 13 Mei 2017 - 15:30 WIB

AGENDA PRESIDEN : Pelajari Konsep OBOR, Jokowi Melawat ke Tiongkok

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Agenda Presiden Jokowi menghadiri KTT BRF di Beijing Tiongkok.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) melawat ke Tiongkok untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Belt and Road Forum (BRF) di Beijing pada Minggu-Senin (14-15/5/2017).

Advertisement

“Kita datang mau melihat konsep besar One Belt One Road [OBOR] itu seperti apa, baru kita bisa tahu masuknya di mana,” kata Presiden Jokowi di bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu (13/5/2017).

Presiden ke Tiongkok didampingi oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala BKPM Thomas Lembong, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi.

Menurut Presiden, banyak pemimpin negara dan pemerintahan yang akan menghadiri KTT tersebut.

Advertisement

“Ini kan kepala negara terutama di ASEAN semua datang, ada [PM Malaysia] Najib, juga ada Presiden Erdogan juga, ya kita lihat ada 29 kepala negara/pemerintahan dari 50 negara hadir. Kita diundang untuk hadir ya kita hadir karena kita ingin tahu sebetulnya arah One Belt One Road ini seperti apa,” tambah Jokowi.

Rombongan berangkat menggunakan pesawat kepresidenan Boeing seri 737-800 BBJ II dari pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma dengan diantar Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Wakil Kepala Polri Komjen Pol. Syafruddin, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Mochamad Iriawan dan pejabat terkait lainnya.

Dalam forum tersebut, Presiden Joko Widodo direncanakan akan berbicara pada dua sesi. Pertama, sesi tentang sinergi kebijakan untuk kerja sama lebih erat dan sesi kedua mengenai kerja sama konektivitas untuk pembangunan yang terkoneksi.

Advertisement

Kunjungan tersebut juga akan dimanfaatkan Presiden Jokowi untuk melakukan pertemuan dengan sejumlah kepala negara sahabat guna meningkatkan hubungan bilateral dan kerja sama antarnegara.

Beberapa kepala negara dan perwakilan negara sahabat yang akan ditemui antara lain Presiden RRC Xi Jinping, Perdana Menteri Fiji, Perdana Menteri Polandia, Presiden Swiss, Managing Director IMF, dan Sekretaris Jenderal Liberal Democratic Party Japan.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di Beijing untuk menghadiri pertemuan tingkat menteri menjelang kehadiran para Kepala Negara/Pemerintahan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif